Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

MATA BURAM SAAT DI RUANG DINGIN

MATA BURAM SAAT DI RUANG DINGIN
Indonesia

Selamat sore Dok, Sebelumnya ini baru saja saya tanyakan ke anda tapi saya blm puas karna mungkin data yg saya berikan belum cukup Umur saya 43th.saya tidak berkaca mata,saya mengalami buram penglihatan bila saya berada diruang yg dingin apalagi dingin sekali atau terkenah angin yang dingin. ini sudah saya alami hampir 5th. Saya masih bisa membaca dngn jarak 35-50cm dengan jelas tanpa ada gangguan(Alm.nenek saya umur 91thn masih bisa baca dengan penerangan lampuh minyak tanah),tapi saya mengalami masalah saat perpinda pokus penglihatan,dalam beberapa detik baru akan terlihat jelas apa yang saya lihat setelah lama pokus membaca atau nonton tv Pernah seorang petugas medic mengatakan saya terkena katarak ringan.karna biaya sapai sekarang saya blm kedokter..pertanyaan saya, "kemungkinan" apa yg terjadi dengan mata saya dan apa yg harus saya lakukan?kalau harus kedokter point apa yang harus diperiksa untuk meneken biaya. Terima Kasih.

Answers

1 answers

  • Dr. Artha Latief, SpM Dr. Artha Latief, SpM Spesialis Mata

    Selamat sore,

    Melihat data yang anda sediakan :

    - Usia 43 tahun
    - Buram bila berada diruang yang dingin - atau terkena angin yang
    dingin
    - Jarak baca 35 - 50 cm
    - Masalah pada perpindahan fokus dan pada saat menonton TV

    secara selintas ada dua hal yang dapat saya simpulkan

    1. Presbiopia

    2. Kemungkinan anda menderita Dry Eye

    Untuk lebih jelasnya akan saya bahas lebih lanjut :

    1. Jarak fokus baca yang normal adalah 14 - 16 inchi (kurang lebih 35 - 40 cm), dan besarnya huruf yang dapat dibaca pada jarak baca normal pada seorang individu yang tidak mempunyai kelainan refraksi (minus, plus, silinder) harusnya bisa mencapai ukuran Jaeger 1 atau Jaeger 2.

    Sebagai perbandingan, huruf koran standard adalah Jaeger 4, Jaeger 1 lebih kecil lagi. Bila bapak pernah tes baca jarak dekat, biasanya akan ditunjukkan sebuah lempeng plasik / metal / karton dengan kalimat yang ukurannya semakin kebawah semakin mengecil.

    Secara fisiologis masuk usia 40 tahun, protein pada lensa mata akan mengeras dan kaku sehingga menyebabkan berkurangnya kemampuan akomodasi.
    Kondisi ini dikenal dengan sebutan Presbiopia atau nama populernya "mata tua". sebuah proses yang MUSTAHIL dihindari.
    Berkurangnya kemampuan akomodasi ini menimbulkan gangguan pada saat perpindahan fokus dan juga menimbulkan gangguan pada kemampuan fokus jarak dekat, sehingga memerlukan kacamata baca untuk dapat membaca dalam rentang baca normal (35 - 40cm) dan nyaman untuk membaca lama serta dapat
    dengan mudah membaca huruf lebih kecil daripada ukuran huruf koran standard.

    Tentunya melihat kasus dari nenek anda, ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan beliau bisa membaca : 1. apakah ada katarak pada mata nenek? 2.berapa besar kelainan refraksi (minus, plus, silinder) pada mata nenek?, 3. jarak berapa beliau bisa membaca?, 4. sebesar apa huruf yang dibaca?, 5.setebal apa tinta huruf yang dibaca? 6. Seberapa intensitas terang dari lampu minyak nenek? dan 7. Seberapa jauh letaknya lampu minyak dari nenek? karena faktor-faktor tersebut memberikan sumbangsih pada kemampuan nenek untuk membaca. Tentunya mata tiap-tiap individu itu tidak ada yang sama persis, sehingga anda tidak bisa menyamakan kondisi mata anda dengan kondisi mata nenek.

    Mengenai Dry Eye :

    Mata manusia tidak pernah kering dan selalu basah setiap saat oleh air mata. Air mata ini menyeliputi permukaan bola mata bagian depan, tersusun dari berbagai lapisan, dan turut berperan sebagai komponen optik dalam proses penglihatan.

    Secara garis besar lapisan air mata terdiri dari 3 : 1. lapisan musin (semacam agar-agar), 2. lapisan air, dan 3. lapisan lemak. Untuk menjalankan perannya sebagai pelumas alami, alat bantu optik, dan sistem pertahanan alami bola mata, lapisan tersebut harus utuh dan seimbang komposisinya. Bila salah satu komponennya terganggu maka akan timbul berbagai macam gangguan. Gangguan-gangguan tersebut dimulai dari rasa kering pada mata, mata lengket setiap bangun tidur, sering perih, penglihatan menjadi buram pada cuaca dingin atau terkena angin dingin, gampang iritasi, dan masih banyak lagi.
    Untuk menegakkan diagnosa dry eye, perlu diperiksa langsung oleh dokter mata. Nantinya akan ada beberapa macam pemeriksaan, salah satunya tear breakup time test.

    Jika bapak hendak memeriksakan mata ke dokter mata, silahkan sampaikan keluhan yang bapak telah muat di forum tanya jawab ini. Apa yang telah bapak tulis disini tentunya sudah cukup bagi seorang dokter mata untuk memberikan gambaran sekilas mengenai kira-kira apa yang sedang bapak hadapi.

    Semoga informasi diatas bermanfaat

    Salam

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif