Profile
Eye & Vision Health

Mata anak sering berkedip

Mata anak sering berkedip
Bekasi

Halo dok, mata anak saya sering berkedip sejak dia sering main gadget. Apakah hal ini harus saya kuatirkan?

Answers

3 answers

  • Selamat siang,



    Anak-anak sekarang menghabiskan rata-rata 7 jam sehari di media elektronik, termasuk televisi, komputer, ponsel dan perangkat elektronik lainnya.

    Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media elektronik yang berlebihan dapat menyebabkan masalah perhatian, kesulitan sekolah, tidur, gangguan makan, dan obesitas. Selain itu, masalah kesehatan pada mata juga dapat dijumpai karena penggunaan media elektronik yang berlebihan, salah satunya adalah mata kering.

    Kebiasaan ini membuat mata menjadi merah, sering berkedip, dan berair, jika dibiarkan terus menerus kornea di bagian depan mata menjadi kering, dan bisa menyebabkan iritasi.

    Berkedip merupakan refleks normal yang melindungi mata dari kekeringan, cahaya terang, dan objek yang mengancam mata. Selain itu, berkedip juga mengatur pengeluaran air mata yang membantu melembapkan dan membersihkan permukaan mata. Bayi baru lahir rata-rata hanya berkedip 2 kali permenit, hal ini akan meningkat menjadi 14-17 kali permenit pada remaja sampai dewasa. Pada pengguna gadget, khususnya pemain game,mereka bisa hanya 3-5 kali berkedip per menit.

    Untuk itu perlunya orangtua untuk memperhatikan kesehatan mata anak-anak mereka. Anak-anak tidak bisa mengekspresikan diri, terkadang mereka tidak dapat memberitahu Anda atau tidak dapat mengeluhkan masalah mata yang terjadi pada dirinya.

    Jadi, jika Anda tidak menangkap masalah mata yang terjadi pada anak lebih awal, penglihatan anak bisa terganggu.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan bermanfaat bagi Anda.

  • Akibat yg terburuk jika hal ini saya biarkan? Anak saya tidak bisa lepas dari gadget dok

  • Beberapa kondisi mata yang reversibel tetapi hanya jika tertangkap cukup dini, salah satunya adalah mata malas (amblyopia). Mata malas, atau amblyopia, adalah keadaan di mana seseorang tidak bisa melihat dengan normal, bahkan jika ia menggunakan kacamata yang benar. Terjadinya hal ini sehubungan dengan penglihatan yang tidak berkembang dengan baik.

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak