Profile
Kanker Serviks

Masturbasi

Masturbasi

Siang dok. Mau tny. Apakah sering masturbasi bisa menyebabkan msknya virus hpv ke miss v? Dan akhirny bs trjangkit kanker serviks? Sy blm prnh berhub intim, hanya melakukan masturbasi.

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Kanker serviks adalah kanker pada leher rahim. Kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus Human Papillomavirus atau HPV. Tipe HPV yang dapat menyebabkan timbulnya kanker adalah tipe 16 dan 18. Penularan virus HPV umumnya melalui hubungan seksual.

    Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Namun cenderung terjadi pada wanita yang seksual aktif. Selain infeksi virus HPV, faktor risiko lain yang berkontribusi munculnya kanker serviks, antara lain:

    Hamil muda (kurang dari 17 tahun)
    Sering hamil atau melahirkan (diatas 3 kali)
    Sering berganti-ganti atau memiliki beberapa pasangan seksual
    Merokok
    Sistem kekebalan yang menurun (misal: penderita HIV)
    Penggunaan pil KB yang terlalu lama (di atas 5 tahun)

    Sampai saat ini belum ada bukti kuat yang menyatakan terjadinya kanker serviks karena masturbasi. Pencegahan kanker serviks, selain menghindari faktor risiko di atas, adalah dengan pemberian vaksin. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai vaksinasi. Deteksi atau skrining kanker serviks adalah dengan melakukan pap smear secara berkala.

    Sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur