Profile
Hamil

masa nifas

masa nifas
Jakarta, Indonesia

selamat sore dok dok saya baru saja melahirkan baby boy dengan berat 3.9kg dan pnjng 52cm. saya melahirkan dengan normal. sekarang usia bayi saya sudah 3bulan 11hari. nah selama proses saya melahirkan memang saya mengeluarkan banyak darah. sampai 1bulan darah yang keluar sangat banyak. dan sampai sekarangpun saya masih suka ngeflek2. jadi setiap harinya dari awal melahirkan sampai sekarng saya masih suka keluar2 darah(2bulan terakhir hanya flek), apakah yang saya alami ini wajar? penanganan apa yang harus saya lakukan?

Answers

3 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat sore,
    Masa nifas setelah melahirkan berlangsung sekitar 40 hari, cairan nifas yang keluar disebut dengan lokia. Pada 7 hari pertama lokia yang keluar berwarna merah segar karena masih bercampur dengan darah, lebih dari 7 hari lokia kemerahan berangsur berkurang menjadi kekuningan dan semakin jernih sampai 40 hari, hal tersebut adalah normal. Namun bila lebih dari 7 hari lokia tetap bewarna merah segar seperti darah, berarti lokia tersebut masih mengandung darah. Beberapa kemungkinan penyebab hal tersebut adalah:

    -Sisa jaringan kehamilan, misal sisa sebagian ari-ari yang masih tertinggal sehingga rahim tidak dapat kontraksi sempurna dan pembuluh darah tetap terbuka
    -Darah akibat haid
    -Infeksi, biasanya disertai adanya keputihan dan nyeri
    -Gangguan pembekuan darah sehingga perdarahan sulit berhenti
    -Robekan jalan lahir yang terbuka, misal pada vagina, leher rahim
    Dan lainnya.

    Untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, serta pemeriksaan USG bila diperlukan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • iya dok,
    dan tiap kali HB dengan suami rasanya sakit, tidak seperti biasanya. apakah itu juga berpengaruh?

  • Selamat sore

    Kondisi flek yang anda alami dapat ada hubungannya dengan nyeri saat hubungan seksual yang anda alami. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?