Profile
Patah Tulang

makanan untuk patah tulang

makanan untuk patah tulang
Tanjung Pinang

saya sedang patah tulang kaki, makanan apa yang bisa mempercepat pertumbuhan tulang yang sedang patah ? dan makanan apa yang tidak boleh di makan ?

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Apakah sudah ditangani dokter bedah? Pilih makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium. Tidak ada pantangan.

  • sudah.
    tapi tulang saya sangat lambat pertumbuhannya.
    apakah karena infeksi yang pernah terjadi dan terlambatnya di tangani ?
    karena waktu itu saya tidak langsung di oprasi, karena di tanjung pinang waktu itu dokternya tidak ada jadi saya pergi batam, sampai ke batam dokter sana menyruh saya untuk menunggu 2 3 hari lagi, karena harus antri padahal kaki saya sudah bengkak sekali karena banyak patahany di paha kanan, paha kiri sampai tulangnya keluar, betis kanan patah dan luka sampai nampak tulang dan tulang kecil kanan juga patah.
    terus saya berobat ke malaysia, sampai sana dokternya bilang sudah terlambat krna sudah lewat dari 24 jam dan kulit saya sudah hitam dan tidak bisa di jahit ketika oprasi karena terlalu bengkak.

  • Untuk memulihkan patah tulang bisa dibantu dengan kalsium dari Tiens. Kandungan kalsiumnya sangat tinggi, dan sudah banyak membantu orang yang terkena osteoporosis, patah tulang, dan bahkan bisa juga untuk meninggikan badan.

    Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi : http://www.tienspeninggibadan.com/kalsium-terbaik-untuk-tulang/

  • Selamat sore As

    Selain jenis tulang yang mengalami patah, keparahan patah tulangnya juga akan berpengaruh pada kecepatan penyembuhan (misalnya tulang yang hanya patah biasa tentu akan menyembuh lebih cepat dibandingkan yang patahnya kominutif / menjadi beberapa bagian). Jika patahannya baik dan tidak terjadi masalah pada proses penyembuhan biasanya patah tulang paha akan sembuh dalam waktu 4-6 bulan, tulang kering setidaknya memerlukan 4 bulan tetapi banyak juga yang sampai lebih dari 6 bulan. Tulang betis umumnya 1-2 bulan. Akan tetapi sekali lagi proses penyembuhan tergantung dari banyak faktor termasuk jenis tulang yang patah, bentuk patahannya, apakah patah biasa atau menjadi beberapa bagian, posisi segmen-segmen yang patah, dsb.

    Sebaiknya anda kontrol teratur ke dokter spesialis ortopedi anda sehingga penyembuhan patah tulang bisa terus terpantau.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    patah tulang atau fraktur Adalah cedera yang disebabkan oleh tekanan pada tulang, sehingga tulang tersebut menjadi patah. Patah tulang tertutup, adalah ketika tulang yang patah tidak menembus kulit, sedangkan patah tulang terbuka adalah patah tulang yang merobek kulit.

    Fraktur dapat dibagi menjadi :
    a) Fraktur tertutup (closed),bila tidak terdapat hubungan antara fragmen tulang dengan dunia luar.
    b) Fraktur terbuka (open/compound), bila terdapat hubungan antara fragmen tulang dengan dunia luar karena adanya perlukaan di kulit.

    Pertolongan pertama untuk mencegah parahnya patah tulang, yaitu :
    • Kontrol pendarahan luka dengan membalutkan perban bersih.
    • Letakan es diatas luka untuk mengurangi nyeri dan mencegah pembengkakan.
    • Segera lepaskan jika mengenakan perhiasan (misalnya, mencopot cincin karena tulang jari patah).
    • Konsumsi obat pereda nyeri.

    Komplikasi awal fraktur antara lain: syok, sindrom emboli lemak, sindrom kompartement, kerusakan arteri, infeksi, avaskuler nekrosis.

    a. Syok
    Syok hipovolemik atau traumatic, akibat perdarahan (banyak kehilangan darah eksternal maupun yang tidak kelihatan yang bias menyebabkan penurunan oksigenasi) dan kehilangan cairan ekstra sel ke jaringan yang rusak, dapat terjadi pada fraktur ekstrimitas, thoraks, pelvis dan vertebra.

    b. Sindrom emboli lemak
    Pada saat terjadi fraktur globula lemak dapat masuk kedalam pembuluh darah karena tekanan sumsum tulang lebih tinggi dari
    tekanan kapiler atau karena katekolamin yang di lepaskan oleh reaksi stress pasien akan memobilisasi asam lemak dan memudahkan terjasinya globula lemak pada aliran darah.

    c. Sindroma Kompartement
    Merupakan masalah yang terjadi saat perfusi jaringan dalam otot kurang dari yang dibutuhkan untuk kehidupan jaringan. Ini bisa disebabkan karena penurunan ukuran kompartement otot karena fasia yang membungkus otot terlalu ketat, penggunaan gibs atau balutan yang menjerat ataupun peningkatan isi kompatement otot karena edema atau perdarahan sehubungan dengan berbagai masalah (misalnya : iskemi,dan cidera remuk).

    d. Kerusakan Arteri
    Pecahnya arteri karena trauma bias ditandai denagan tidak ada nadi, CRT menurun, syanosis bagian distal, hematoma yang lebar, dan dingin pada ekstrimitas yang disbabkan oleh tindakan emergensi splinting, perubahan posisi pada yang sakit, tindakan reduksi, dan pembedahan.

    e. Infeksi
    Sistem pertahanan tubuh rusak bila ada trauma pada jaringan. Pada trauma orthopedic infeksi dimulai pada kulit (superficial) dan masuk ke dalam. Ini biasanya terjadi pada kasus fraktur terbuka, tapi bisa juga karena penggunaan bahan lain dalam pembedahan seperti pindan plat.

    f. Avaskuler nekrosis
    Avaskuler nekrosis (AVN) terjadi karena aliran darah ke tulang rusak atau terganggu yang bias menyebabkan nekrosis tulang.

    Komplikasi dalam waktu lama atau lanjut fraktur antara lain: mal union, delayed union, dan non union.

    a. Malunion
    Malunion dalam suatu keadaan dimana tulang yang patah telah sembuh dalam posisi yang tidak seharusnya. Malunion merupakan penyembuhan tulang ditandai dengan meningkatnya tingkat kekuatan dan perubahan bentuk (deformitas). Malunion dilakukan dengan pembedahan dan reimobilisasi yang baik.

    b. Delayed Union
    Delayed union adalah proses penyembuhan yang terus berjalan dengan kecepatan yang lebih lambat dari keadaan normal. Delayed union merupakankegagalan fraktur berkonsolidasi sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tulang untuk menyambung. Ini disebabkan karena penurunan suplai darah ke tulang.

    c. Nonunion
    Nonunion merupakan kegagalan fraktur berkonsolidasi dan memproduksi sambungan yang lengkap, kuat, dan stabil setelah 6-9 bulan. Nonunion di tandai dengan adanya pergerakan yang berlebih pada sisi fraktur yang membentuk sendi palsu atau pseuardoarthrosis.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Patah Tulang ?
Ask Doctor

Popular Article

Demam dan ruam bukan cuma ciri campak, lho. Bisa jadi ini gejala roseola. Demam Tinggi? Awas Roseola! Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam