Profile
Bayi

Makanan pendamping ASI

Makanan pendamping ASI
Jakarta, Special Capital Region Of Jakarta, Indonesia

Selamat siang, saya ingin bertanya, apakah makanan pendamping ASI untuk bayi usia 0 – 6 bulan? Apakah hanya ASI? Ataukah ada makanan lain seperti buah pisang yang dihancurkan, biskuit yang dihancurkan, bubur, susu formula, dsb. Kalau boleh saya tau, apakah makanan yang boleh diberikan kepada bayi usia tersebut? Lalu selanjutnya, apakah buah yang boleh diberikan hanya pisang yang dihancurkan? Terima kasih

Answers

7 answers

  • selamat siang,

    Untuk bayi berusia 0-6 bulan, seharusnya cukup hanya dengan ASI Eksklusif, yaitu ASI SAJA. hal ini disebabkan usus bayi belum siap untuk menerima makanan sekalipun sudah dihancurkan atau di haluskan. Hal ini lah penyebab tersering bayi mengalami intoleransi makanan dan menyebabkan diare.

    Berikut beberapa manfaat untuk bayi yang mendapatkan asi eksklusif:
    • Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat. Air susu ibu mengandung zat antibodi yang bisa membantunya melawan segala bakteri dan virus. Jadi, risiko terserang penyakit seperti diare, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, berkembang menjadi pengidap diabetes tipe 2, atau meningitis lebih rendah ketimbang bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif. Antibodi dari ibu juga melindungi bayi dari serangan asma, alergi, dan eksim.
    • Cerdas. Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara Anda dan Si Kecil yang terjadi selama proses menyusui mungkin turut memberi kontribusi.
    • Berat badan ideal. Si Kecil lebih mungkin tumbuh dengan bobot tubuh normal jika diberi ASI eksklusif. Para ahli mengemukakan bahwa ASI mengandung lebih sedikit insulin ketimbang susu formula, sedangkan insulin dapat memicu pembentukan lemak. Maka ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Selain itu, bayi juga akan memiliki leptin (hormon yang memiliki peranan penting dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak) lebih banyak.
    • Tulang bayi lebih kuat. Bayi yang diberi susu selama tiga bulan atau lebih memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding yang diberikan ASI kurang dari tiga bulan atau tidak sama sekali.
    • Mendapat limpahan kolesterol. Pada orang dewasa, kolesterol merupakan asupan yang tidak baik. Namun itu tidak berlaku pada bayi. Kolesterol sangat dibutuhkan bayi guna menunjang tumbuh kembangnya dan zat ini banyak ditemukan pada ASI.
    • Mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat dia tidur.
    • Hubungan ibu dan anak lebih kuat. Saat menyusui, Anda akan bersentuhan dengan kulit Si Kecil dan saling bertatap-tatapan. Hal ini bisa memperkuat hubungan Anda dengannya.

    Sekian semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • jika si ibu sudah memberikannya pisang yang dilumatkan,bagaimana? soalnya menurut ibunya, bayi rewel, mungkin karena lapar.

  • Selamat siang Ibu

    Bila ibu sudah memberikan pisang kepada bayi tersebut karena berpikiran bayi tersebut lapar sebaiknya ibu menghentikan pemberian makanan pisang tersebut karena untul bayi usia 0-6 bulan makanan terbaik hanya ASI tanpa perlu diberikan makanan tambahan lainnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • selamat siang, saya ingin bertanya lagi, jika diberikan pisang (selain ASI), tanda2 apa sajakah yang bisa dilihat pada bayi? soalnya kan tidak mungkin bayi berbicara atau hanya menangis saja. Apa yang jelas bisa dilihat? apakah dari feses, air kencing atau apa? terima kasih

  • Selamat siang Rafles Deanly

    Tanda apakah yang anda maksud? Pemberian MPASI terlalu dini dapat memberikan efek buruk pada bayi anda.

    Berikut merupakan dampak Jangka Pendek:
    - Menurukan frekuensi dan intensitas isap. Sampai usia 6 bulan, aktivitas mulut bayi adalah mengisap. Nah, ketika kita memaksa mulutnya untuk mengunyah, alhasil frekuensi dan intensitas mengisap menurun, bahkan hilang.
    - Memicu diare. Perut bayi di bawah usia 6 bulan sebenarnya baru bisa mencerna ASI. Ketika diberi MPASI, maka sel-sel usus kewalahan untuk mengolah zat-zat makanan, sehingga bereaksi seperti menimbulkan gangguan diare.
    - Menimbulkan defluk atau kolik usus. Kram usus yang ditandai dengan bayi menangis sambil menarik kakinya ke arah perut, terjadi akibat usus yang belum matang dipaksa mencerna MPASI.
    - Bayi kehilangan nutrisi dari ASI, karena kekenyangan makan MPASI. Padahal, nutrisi dari MPASI tidak dapat diterima bayi 100% akibat tubuhnya belum bisa mencerna MPASI dengan sempurna. Hanya ASI yang bisa dicerna sempurna sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Konsumsi MPASI yang mengenyangkan, tentu membuat bayi enggan minum ASI. Akibatnya, kebutuhan nutrisi seimbang, justeru tidak terpenuhi.
    - Penyakit anemia zat besi. Pengenalan makanan seperti sereal, buah-buahan atau sayuran yang terlalu dini, dapat memengaruhi penyerapan zat besi dari ASI sehingga menyebabkan bayi kekurangan zat besi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • apakah tandanya adalah poop bayi yang encer, badan menjadi merah2, seperti itu tanda2 yang saya maksud, mungkin yang dokter jelaskan diatas adalah gejala yang timbul. Saya juga butuh informasi gejala yang timbul, tapi saya butuh informasi tentang tanda2 yang langsung bisa terlihat. Mungkin seperti poop yang encer, badan merah2, muka merah2, timbulnya bercak2 pada kulit, dsb. Maksud saya, ini adalah tanda2 langsung yang bisa terlihat oleh kami selaku orang tua. Mohon dijelaskan lagi ya dok.

  • Selamat pagi Rafles Deanly

    Gejala yang anda sebutkan diatas lebih menunjukkan gejala akibat alergi terhadap bahan makanan diatas. Pemberian MPASI terlalu dini memang tidak langsung memberikan efek namun dampak yang ditimbulkan kemudian.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi