Profile
Sunat (Khitan)

lama-nya proses penyembuhan luka jahitan

lama-nya proses penyembuhan luka jahitan
Jakarta

Selamat Sore Dok, ( M, 25yo ) awal agustus lalu saya baru saja menjalani proses khitan dengan metode laser dan proses jahit dengan benang yang harus dilepas kembali, dan belum lama ini, saya baru saja menjalani proses lepas jahitan. Nah yang menjadi pertanyaan saya adalah : 1. apa saja hal yang lumrah / biasa terjadi pasca lepas jahitan? terutama pada luka yang belum kering? ( apakah terus menerus dalam kondisi ' basah ' ; sedikit berdarah ; bernanah tidak berbau? ) dan kira-kira berapa lama yah dok masa penyembuhan ini? 2. saya sempat konsultasi dengan dokter yang menangani keseluruhan proses sirkumsisi, mengenai hal yang harus dilakukan, dan beliau hanya menyarankan untuk terus rajin memberi krim/salep klmctn ( yang mengandung Chloramphenicol ) pada luka yang masih basah dan luka lainnya yang ada, tapi saya jujur masih penasaran apakah ada obat baik oles maupun oral yang dapat mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka? 3. pada poin satu saya sempat menyinggung mengenai luka basah dan ada getah ( menyerupai nanah ) tapi tidak berbau, apakah itu normal? dan apakah tetap di-beri salep seperti anjuran dokter-nya? 4. banyak yang bilang agar menggunakan sarung saja tanpa menggunakan pakaian dalam supaya luka terkena udara jadi cepat kering, nah sekarang saya dihadapkan dengan kondisi harus bekerja di kantoran, so apakah tidak apa-apa jika tetap diberi salep pada luka yang belum kering dan tetap menggunakan celana biasa? Mohon maaf kalau banyak yang ditanyakan Dok, maklum awam untuk hal seperti ini. Terima kasih.

Answers

4 answers

  • 1. Jika luka dirawat dengan baik, luka akan kering dan baik. Jika tidak terjaga kebersihannya, akan memudahkan terjadinya infeksi bakteri sehingga timbul nanah.

    2. Tidak ada obat yang mempercepat penyembuhan luka obat-obat yang diberikan merupakan terapi pencegahan terhadap infeksi sekunder. Karena pada luka terbuka, kuman akan mudah masuk sehingga lebih mudah terjadi infeksi.

    3. Jika timbul nanah, tentu saja luka harus dibersihkan setiap hari dan diberikan antibiotik topikal

    4. ya, tidak apa.

  • Terima kasih atas jawabannya dr. Fresia, tapi untuk yang no.3 saya bertanya apakah " luka basah dan ada getah tapi tidak berbau " itu kondisi yang normal? sebab kalau luka yang bernanah khan cenderung mengeluarkan bau tidak sedap dan disertai nyeri juga pada luka-nya ( tanda-tanda adanya infeksi ) tapi kalau yang terjadi pada saya, lukanya terlihat basah terus saja dan sedikit mengeluarkan getah, apakah itu lelehan serum / getah bontengeun ?? terima kasih banyak.

  • Selamat siang Nicky Agathon Sebastian

    Luka yang basah pada bekas khitanan anda tentu bukan merupakan hal yang normal. Sudah berapa lama luka basah tersebut sejak dilakukan tindakan khitan atau sunat? Basah yang terjadi pada luka khitan tersebut dapat merupakan cairan serum.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab luka khitan yang masih basah tersebut dan penanganan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Luka adalah hilang atau pun rusaknya sebagian dari jaringan tubuh. Proses penyembuhan luka terjadi secara normal tanpa bantuan, walaupun beberapa bahan perawatan dapat membantu untuk mendukung proses penyembuhan.

    fase penyembuhan luka memiliki beberapa tahap.

    1. Fase Inflamasi
    Fase inflamasi ini akan berlangsung sejak terjadinya luka sampai kira – kira hari kelima. Pembuluh darah yang terputus pada luka yang diderita tersebut akan menyebabkan perdarahan dan tubuh dalam hal ini akan berusaha menghentikannya dengan cara vasokonstriksi, pengerutan ujung pembuluh yang putus (retraksi), dan reaksi hemostasis.

    2. fase proliferasi
    fase ini berlangsung dari akhir fase inflamasi sampai kira – kira akhir minggu ketiga.

    3. Fase Penyudahan (Remodelling).
    Pada fase ini terjadi proses pematangan yang terdiri dari penyerapan kembali jaringan yang berlebih, pengerutan sesuai dengan gaya gravitasi, dan akhirnya perupaan kembali jaringan yang baru terbentuk. Fase ini dapat berlangsung berbulan – bulan dan dinyatakan berkahir kalau semua tanda radang sudah lenyap. Tubuh berusaha menormalkan kembali semua yang menjadi abnormal karena proses penyembuhan.

    adapun proses perawatan yaitu dengan melindungi area yang luka bebas dari kotoran dengan menjaga kebersihan dan hal ini tentunya akan sangat membantu untuk meningkatkan penyembuhan jaringan yang telah rusak atau mengalami luka.

    jikia luka anda tidak kunjung sembuh sebaiknya anda melakukan peneriksaan kedokter guna mengetahui penyebab luka anda yang tak kunjung sembuh.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Sunat (Khitan) ?
Ask Doctor

Popular Article

Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong