Profile
Kesehatan A-Z

KRAM USUS

KRAM USUS
Jakarta Barat

Dear Dokter Selamat pagi dok, saya ingin bertanya apakah kram usus itu? apa penyebabnya? dan bagaimana cara menyembuhkannya? lalu 1pertanyaan lagi dok, pemeriksaan lower abdominal apa yah dok? terima kasih

Answers

6 answers

  • Selamat pagi Bambang Suryono,
    kram usus atau lebih dikenal dengan istilah kolik adalah gangguan pergerakan usus, karena dinding usus terdiri dari otot yang dapat juga mengalami kram seperti halnya otot pada bagian lain tubuh seperti kaki. Untuk memastikannya memerlukan pemeriksaan perut bagian bawah atau lower abdomen dengan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat ada tidaknya kelainan pada organ usus atau organ tubuh lainnya yang berada di bagian perut seperti ginjal, kandung kemih, dsb.
    Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya peradangan ataupun infeksi

    Untuk memastikan kondisi anda sebaiknya dilakukan dahulu pemeriksaannya sehingga diketaui penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

    semoga membantu

  • waktu hari kamis lalu saya ada kedokter andreas bambang wahyudi dok di pluit murni, dia periksa perut istri saya dengan alat USG dia bilang tidak ada kelainan dalam usg tp dia suruh CT scan lower abdominal dok.

    karna istri saya waktu bulan 3 habis opr usus buntu disumber waras, tapi sakitnya masih sering hilang timbul.

    apakah bisa kram usus? atau pelengketan dok? tapi buang air besar lancar, buang angin lancar juga dok.

    trus dari dokter klinik dekat rumah, dia memberikan obat hiopar kalau sakit lalu minum obat tersebut sakitnya berkurang dok.

    menurut dokter bagaimana ya?

    terima kasih

  • Pemeriksaan CT Scan Lower Abdomen bertujuan untuk memeriksa kelainan organ secara lebih detail. Bila ada perlengketan ataupun peradangan dan infeksi selain nyeri dapat disertai keluhan demam. Dan memang terkadang pasca operasi masih dapat terasa sakit akan tetapi bila nyeri yang dirasa sangat hebat dan tidak dapat diatasi dengan obat analgetik barulah harus dicari tau penyebabnya.
    Selain itu kurangi dahulu konsumsi makanan yang merangsang seperti berminyak, pedas dan asam karena lapisan usus masih dalam proses penyembuhan pasca operasi

    semoga membantu ya

  • terima kasih dok penjelasannya.. tapi apakah pasca oprasi usus buntu itu msih dapat sakit nyeri seperti itu dok?

    kemarin habis makan sambal pecel lele sama makan pete dok, langsung nyeri lagi.. lalu kalau makan seafood saus padang juga langsung nyeri. jadi dipantang makan sambel sama asem yah dok.

    terima kasih

  • Ya rasa nyeri dapat timbul karena pengaruh mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam karena usus masih dalam proses pemulihan. Sebaiknya kurangi dahulu konsumsinya ya

  • terima kasih dok informasi dan penjelasannya. GBU

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya