Profile
Hamil

Wanita hamil, nutrisi untuk ibu hamil, panduan ibu hamil

Wanita hamil, nutrisi untuk ibu hamil, panduan ibu hamil
Singkawang

Dok, saya ada tugas kuliah untuk memberi konseling untuk ibu hamil trimester I.. Mohon penjelesan tentang ini, dok : 1. Jadwal pemeriksaan kehamilan TM I 2. Nutrisi untuk ibu hamil TM I 3. Cara mengatasi mual muntah (morning sickness) pada ibu hamil TM I 4. Tanda bahaya kehamilan pada TM I Mohon sekali bantuannya, dok .. terima kasih :)

Answers

3 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    1. Jadwal pemeriksaan cukup 1 bulan sekali.
    2. Nutrisi: silakan ibu makan sedikit" tetapi teratur, makan apa yg ibu suka, krn mual biasanya ngemil jg gpp. Menurut penelitian mengkonsumsi Jahe bisa utk mengurangi mual
    3. Bisa dg obat"an anti mual
    4. Tanda bahaya: mual yg berlebihan shg ibu Dehidrasi, perdarahan pervaginam. Nyeri perut yg hebat (hamil diluar kandungan)

  • makasih dok :)

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    1. Pemeriksaan pada ibu hamil disebut dengan asuhan ante natal / ante natal care (ANC). ANC bertujuan untuk:

    1. Menentukan status kesehatan ibu dan janin
    2. Memperkirakan usia kehamilan
    3. Mempersiapkan rencana perawatan kehamilan dan persalinan

    ANC sebaiknya dilakukan MINIMAL 4x, yaitu:

    1x pada 3 bulan pertama

    1x pada bulan ke 4-6

    2x pada bulan ke 7-9

    Namun pemeriksaan ini dapat lebih sering bila ditemukan suatu masalah dalam kehamilan Anda. Pemeriksaan yang akan dilakukan saat ANC adalah:

    1. Kondsisi kesehatan ibu secara umum
    2. Pertumbuhan serta kesehatan janin di dalam rahim dan banyaknya air ketuban (menggunakan USG)
    3. Posisi janin dalam rahim
    4. Tekanan darah ibu

    Diperlukan juga pemeriksaan laboratorium pada saat pemeriksaan, seperti:

    1. Pemeriksaan hemoglobin, terutama bila Anda terlihat pucat
    2. Golongan darah, untuk mempersiapkan kantong darah untuk transfusi (berjaga-jaga bila terjadi perdarahan saat persalinan)
    3. Memeriksa urin
    4. Memeriksa kadar gula darah
    5. dan lain-lain sesuai dengan kondisi Ibu

    Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin-vitamin yang diberikan oleh dokter ataupun bidan.

    Jika dapat saja memeriksakan kondisi kesehatan anda kepada bidan maupun dokter. Akan tetapi perbedaannya adalah jika anda memeriksakan kondisi anda kepada bidan, maka tentunya anda tidak dapat melakukan pemeriksaan USG. Jika anda ingin melakukan pemeriksaan USG maka anda apat berkonsultasi dengan dokter.

    Sebaagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/5-nutrisi-ibu-hamil

    2. Suplemen yang baik bagi ibu hamil mengandung banyak vitamin dan mineral, tapi beberapa kandungan terpenting yang paling diperlukan oleh ibu hamil dari suplemen kehamilan adalah :
    -asam folat, sangat disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat tiap hari sampai kehamilan mencapai usia 3 bulan.
    -vitamin D dan kalsium, sebaiknya diminum 10 mikrogram vitamin D tiap hari dan 200-300 miligram kalsium. Vitamin D dan kalsium sangat berperan dalam kesehatan tulang dan gigi.
    -zat besi yang cukup diperlukan sebagai pembentuk sel-sel darah merah karena sel darah merahlah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda dan juga kepada bayi Anda.

    sebaiknya menanyakan tiap suplemen yang Anda minum dengan dokter kandungan Anda. dengan pemeriksaan yang tepat, dokter Anda akan mengetahui vitamin serta mineral apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan janin Anda.

    Berikut informasi tambahan untuk anda
    http://meetdoctor.com/article/5-nutrisi-ibu-hamil.

    3. Morning sickness atau emesis gravidarum adalah gejala mual disertai muntah yang umumnya terjadi pada awal kehamilan, yaitu pada 4 sampai 6 minggu usia kehamilan. Morning sickness dapat berlangsung hingga 14 sampai 16 minggu bahkan hingga 20 minggu usia kehamilan. Kondisi ini umumnya dialami oleh lebih dari separuh wanita hamil yang disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Disebut morning sickness karena gejala ini biasanya timbul di pagi hari dengan frekuensi yang akan menurun setiap harinya sering dengan bertambahnya usia kehamilan.

    beberapa tips untuk anda menghilangkan morning sickness.

    -pada ibu hamil maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak vitamin dan minum susu. Untuk vitamin, vitamin yang dianjurkan untuk ibu hamil ini adalah vitamin B6. Anda bisa mendapatkan vitamin B6 ini dari berbagai makanan yang mudah didapat. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi susu yang memang khusus untuk ibu hamil. Susu ini mempunyai kandungan yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

    -disarankan untuk mengurangi porsi makan namun menambah frekuensi makan. Ibu hamil sering mengalami mual dan muntah pada saat makan sehingga membuat tubuh tidak dapat menyerap banyak nutrisi. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit namun dilakukan dengan sering sehingga menyebabkan nutrisi dapat terserap oleh tubuh.

    -untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein dan karbohidrat. Anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayuran yang mempunyai kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi.

    -Untuk mengurangi rasa mual maka anda sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang terlalu pedas, berminyak dan berlemak. Jika anda terus mengkonsumsi makanan ini maka akan membuat rasa mual semakin bertambah dan anda akan muntah secara terus menerus.

    untuk informasi tambahan berikut artikelnya :
    http://meetdoctor.com/article/morning-sickness-ini-cara-mengatasinya

    4. sebaiknya anda menghindari bila terjadi perdarahan.

    Berikut beberapa kemungkinan yang akan terjadi bila wanita hamil mengalami flek:

    Keguguran

    Flek di awal kehamilan bisa menjadi tanda awal keguguran.gejalanya adalah kram atau nyeri pada perut atau panggul. Keguguran perdefinisi adalah keluarnya sebagian atau seluruh hasil konsepsi yang terjadi di awal kehamilan dan biasanya ketika janin belum berkembang. Pendarahan pun bisa semakin parah.

    Kehamilan ektopik

    Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim, yaitu di tuba falopi atau bagian rongga perut lainnya. Anda perlu segera memeriksakan diri jika terjadi flek selama kehamilan, karena kehamilan ektopik membahayakan nyawa. Umumnya, dokter akan memeriksa dengan USG transvaginal dan terapi kehamilan ektopik adalah tindakan operasi untuk melakukan pengangkatan sel telur yang telanjur berkembang di tuba falopi sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada organ-organ reproduksi lainnya.

    Masalah pada plasenta

    Jika terjadi masalah pada plasenta, flek bisa terjadi pada trimester kedua atau ketiga. Keluarnya flek atau darah harus diwaspadai karena mungkin saja yang terjadi adalah terpisahnya plasenta dari dinding rahim.

    jika Anda hanya mengalami flek dan darah yang keluar tidak terlalu banyak, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak berbahaya bagi Anda dan janin. Namun, jika perdarahan menandakan keguguran atau prematur atau adanya plasenta munutupi jalan keluar dari bayi, maka Anda sebaiknya segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

    Penanganan awal dari terjadinya perdarahan saat hamil muda yaitu segera berisitirahat. Langkah lain yang dapat dilakukan, yaitu :

    - Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin tidak masuk bagi ibu hamil yang masih bekerja.
    - Hindari berhubungan seks saat hamil selama perdarahan berlangsung.
    - Jangan pernah menggunakan pembersih vagina.
    - Hindari penggunaan tampon. Disarankan untuk memilih pembalut biasa. Manfaatkan pembalut untuk memudahkan menghitung seberapa banyak perdarahan yang terjadi.
    - Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain.
    - Waspadai perdarahan jika keluar semakin deras menyerupai haid, tampak merah menyala, ataupun diiringi kram perut. Selain itu, perlu juga dicermati perdarahan yang terjadi secara terus menerus selama hamil muda

    Untuk sampai kapan bedrest yang dapat anda lakukan tidak dapat di hitung seberapa lama waktunya, karena hal tersebut tergantung dari setiap individu ibu hamil yang tentunya berbeda. intinya dadlam bedrest adalah selama kehamilan ini sebisa mungkin untuk mengurangi berbagai aktivtas seperti sebelum waktu hamil, sehingga di harapkan dengan perbedaan aktivitas tersebut dapat membantu meredakan keluarnya flek saat kehamilan.

    Untuk makanan, tentunya tidak ada yang secara spesifik dapat menghentikan flek tersebut. Intinya adalah konsumsi berbagai makanan dan minuman yang menyehatkan, hindari makanan cepat saji, dsb untuk kebutuhan nutrisi anda selama kehamilan.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat di buka link beikut ini :

    http://meetdoctor.com/article/flek-saat-kehamilan-berbahayakah
    http://meetdoctor.com/article/5-nutrisi-ibu-hamil.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma