Profile
Migrain

Pusing terus menerus, kenapa demikian? ini penyebab nya

Pusing terus menerus, kenapa demikian? ini penyebab nya

Dok saya umur 16 tahun saya ingin tanya kenapa pusing kliyengan terus menerus ,pusing ini sudah saya rasakan kurang lebih 1,5 tahun yang saya rasakan adalah perasaan seperti melayang , lingkungan terasa bergoyang goyang , kalau jalan tidak simbang rasanya sempoyongan, setelah berolah raga pandangan agak berputar . saya sudah ke dokter umum 3 kali dan jawabanya karena terlalu banyak main gadget . Memang saya suka bermain gadget dan saya suka minum teh , saya berkacamata min , silinder,saya punya maag dog . Mohon dijawab ya dok , terima kasih.

Answers

6 answers

  • Pertnyaan kamu sudah dijawab pada sesi sebelumnya.
    Terimakasih

  • Selamat siang, dik!
    Pusing berputar atau dalam bahasa medis sering disebut vertigo. Disebabkan karena gangguan dalam organ keseimbangan yang juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti Gangguan mata (minus, silindris), kurang darah dsb. Vertigo dapat dipicu oleh hal yang sangat sederhana, misalnya, perubahan posisi kepala yang tiba-tiba, misalnya dari posisi tidur, langsung duduk.

    Gejala Vertigo

    Gejala-gejala vertigo adalah :

    Pusing seakan sedang berputar-putar.
    Tidak dapat melihat cahaya.
    Hilang keseimbangan.
    Penglihatan menjadi kabur.
    Mual dan muntah.
    Kesulitan mengontrol gerakan mata.

    http://meetdoctor.com/topic/vertigo

    Penyebab seseorang bisa menderita penyakit vertigo seperti di bawah ini:
    1. BPPV atau vertigo posisi
    Penyebab paling umum seseorang mengalami vertigo adalah adanya gangguan sistem vestibular atau yang sering disebut dengan Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Alat keseimbang manusia bersifat dinamis sehingga sangat mudah terangsang oleh gerakan putaran kepala. Bila terjadi debris (batuan kecil) pada alat keseimbangan, maka cairan endolymph akan mengalami dorongan yang lebih besar dari seharusnya dan merangsang alat keseimbangan.
    2. Kesulitan melihat
    Mata berfungsi sebagai keseimbangan tubuh, sehingga masalah pada penglihatan bisa memicu vertigo.
    3. Penyakit meniere
    Mengidap penyakit meniere merupakan salah satu terjadinya vertigo. Saat Anda mengalami meniere biasanya Anda akan mengalami pusing kronis disertai dengan gangguan telinga bagian dalam yang menyebabkan sakit kepala.
    4. Migrain
    Migrain sebenarnya merupakan jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Vertigo yang disebabkan migrain bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari.
    5. Penyakit sistem saraf pusat
    Sistem saraf pusat mengatur rasa keseimbangan. Gangguan sistem saraf pusat oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

    Sepertinya adik mengalami vertigo yang disebabkan karena gangguan penglihatan. Untuk mengatasinya, adik boleh meminum obat vertigo seperti Betahistin Maleat atau cetirizin. Agar lebih baik, silahkan kunjungi dokter terdekat.
    Berikut artikel terkait
    http://meetdoctor.com/article/vertigo-kenali-penyebabnya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.
    Salam
    dr. Wahyu Tri Novriansyah

  • Apakah semua vertigo itu mengalami muntah , jika iya saya tidak pernah muntah apakah itu masih bisa disebut vertigo

  • Selamat sore Steven,

    Membantu menjawab pertanyaannya, Gejala pada penyakit Vertigo seperti yang telah disebutkan di atas tidak semuanya harus dialami oleh penderita pusing berputar. Bervariasi pada setiap orang. Namun umumnya, Vertigo memiliki gejala pusing berputar yang disertai mual atau muntah.

    Selain vertigo, keluhan pusing berputar juga sangat luas penyebab lainnya, diantaranya seperti Anemia (kurangnya Hb yang mengangkut Oksigen di dalam darah) sehingga pasokan Oksigen ke otak kurang mencukupi dan juga bisa dikarenakan mata yang terlalu lelah karena lama berhadapan dengan sinar yang minim (melihat Gadget pada ruangan yang gelap dalam waktu lama), sehingga memaksa mata untuk bekerja lebih keras. Mengingat Steven juga menderita Maag dan sering minum teh yang bisa memacu produksi asam lambung, hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya keluhan pusing.

    Sebaiknya karena keluhan sudah berlangsung lama yaitu sekitar setahun, dianjurkan Steven mengubah kebiasaan yang bisa memicu gejala pusing tersebut. Dianjurkan untuk makan teratur, perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging merah, sayuran hijau, untuk mencegah anemia lalu kurangi makanan atau minuman yang bisa memicu produksi asam lambung seperti teh dan kopi, makanan dan minuman asam serta kurangi bermain gadget terlalu lama. Selain berpengaruh buruk untuk kesehatan mata, hal itu kemungkinan juga bisa memicu keluhan pusing berputarnya.

    Bila tidak ada perubahan yang berarti, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lengkap sehingga bisa segera di tatalaksana sesuai penyebabnya.

    Semoga bermanfaat, Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dari Meetdoctor.

  • Oh begitu ya dok , terimakasih

  • Selamat siang.

    Kami hanya ingin sedikit menambahkan saja, ada beberapa artikel yang bisa menambah informasi terkait pertanyaan anda:

    http://meetdoctor.com/article/vertigo-dan-cara-mengatasinya
    http://meetdoctor.com/article/vertigo-penyebab-gejala-dan-perawatannya

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?