Profile
Kehamilan Ektopik

Keputihan

Keputihan
Karawang

Saat ini kandungan saya berada di 6 bulan Saya merasa tidak nyaman, keputihan saya banyak dan berwarna putih dan berbau amis . . Apakah itu suatu kewajaran atau suatu penyakit ?

Answers

2 answers

  • Selamat malam

    Keputihan yang terjadi pada saat kehamilan dapat terjadi secara normal akibat dari perubahan hormonal, peningkatan pembuluh darah pada leher rahim dan juga salah satu pertahanan dari rahim untuk menghalangi infeksi vagina masuk sampai ke rahim.

    Ciri-ciri keputihan yang normal adalah berjumlah sedikit, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak disertai rasa gatal atau rasa nyeri.

    Pada wanita hamil akan sangat mudah terkena infeksi karena dinding vagina yang menipis dan perubahan hormonal. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi adalah sebagai berikut:
    - Akibat jamur/kandidosis vaginalis : keputihan berwarna putih seperti susu dan sangat gatal
    - Akibat ketidakseimbangan bakteri normal di vagina/vaginosis bakteri: berwarna putih dan abu-abu seperti bau amis
    - Akibat infeksi parasit/trikomoniasis ; berwarna kuning kehijauan atau berbuih dan sangat gatal
    - Akibat infeksi menular seksual seperti kuman gonorrhoe bisa disertai dengan nyeri saat BAK dan perdarahan, apabila berlangsung lama dapat menyebabkan nyeri panggul

    Mengingat keputihan yang anda alami sudah tidak dalam batas normal, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Salam sehat,

    Ibu hamil cenderung mengalami keputihan. Peningkatan kadar estrogen dan meningkatkan aliran darah ke vagina membuat frekuensi dan kadar keputihan semakin meningkat di masa kehamilan.

    Jika keputihan yang dialami saat hamil terlihat normal dengan cairan jernih atau putih dan tanpa bau, maka ini merupakan kondisi yang normal. Namun jika keputihan telah berubah warna, berbau atau gatal, maka kondisi ini dapat menjadi tanda timbulnya infeksi.

    Infeksi jamur Candida sp. sering menjadi penyebab keputihan pada wanita hamil. Wanita hamil dapat terkena keputihan sejak awal kehamilan hingga trimester akhir menjelang persalinan. Namun pada keputihan karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi.

    Pada keputihan yang disebabkan oleh infeksi, tentunya infeksi yang berlanjut dan tergantung penyebabnya, dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Untuk itu bagi wanita hamil yang menderita keputihan tidak normal pada masa kehamilan segera memeriksakan diri ke dokter. Penanganan atau pengobatan untuk keputihan pada ibu hamil tergantung penyebab keputihan itu sendiri. Sebaiknya Ibu kembali melakukan pemeriksaan kedokter kandungan Ibu untuk mendapatkan penanganan kembali.

    Untuk tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/keputihan-cek-normal-atau-tidak-di-sini

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan