Profile
Migrain

Kepala bagian belakang sebelah kiri berdenyut dan menimbulkan rasa sakit

Kepala bagian belakang sebelah kiri berdenyut dan menimbulkan rasa sakit
Tabalong

saya mau nanya ,Kepala bagian belakang saya sebelah kiri berdenyut dan menimbulkan rasa sakit, kejadiannya terus berlanjut dengan jeda agak lama, kira-kira itu kenapa ya ? bagaimana solusinya

Answers

3 answers

  • Selamat sore abdil, terimakasih atas pertanyaannya

    Ada gejala lain seperti demam, hipertensi, riwayat trauma sebelumnya? Apakah nyeri kepala sudah dirasakan berulang? Berapa lama biasanya sakit kepala terjadi?

    Sakit kepala adalah keluhan yg paling sering disampaikan oleh pasien. Sakit kepala sendiri dibagi menjadi 2 jenis, primer dan sekunder atau lebih gampangnya tipe tidak bahaya dan bahaya. Tipe tidak bahaya biasanya paling sering dikeluhkan. Jenisnya ada 3 yaitu migrain, tension headache/tipe tegang, atau cluster. Sakit kepala ini dirasakan berulang.

    Gejala khas tipe migrain, sakit kepala yang dirasakan berdenyut. Gejalanya menetap +/-selama 4-72 jam. Migrain bisa dirasakan pada satu atau dua sisi kepala. Gejala klasik migrain biasanya didahului beberapa gejala berikut mual, muntah, lebih nyeri jika ada paparan cahaya dan suara. Penanganan migrain yg paling utama adalah menghindari pencetus seperti kurang tidur, stress, kelelahan. Selain itu bisa diberikan tatalakasana farmakoterapi seperti obat golongan triptan atau ergotamin.

    Tipe tension headache/tipe tegang dirasakan nyeri seperti diikat, yg dirasakan dari kepala bagian depan sampai rasa tegang di leher bagian belakang. Sedangkan tipe cluster, sangat berbeda dengan 2 tipe di atas. Nyerinya sangat hebat, dan biasanya disertai dengan keluarnya air mata

    Untuk memastikan dan penanganan lebih lanjut silakan konsultasi langsung ke dokter anda :)

    Semoga bermanfaaat, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi MeetDoctor


  • Saktnya berulang dok, namun hanya dalam waktu singkat ngga sampai 1 menit, tp denyutannya samai membuat mata terpejam dok, untuk demam atau hipertensi tidak ada, trauma juga tidak dok.

  • Halo Abdil

    Seperti yang dr. Maya sudah jelaskan diatas, anda perlu memeriksakan diri untuk mengetahui penyebab keluhan anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu mencegah sakit kepala.

    Istirahat yang cukup
    Sangat disarankan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup dan teratur. Tujuh hingga delapan jam per hari adalah waktu tidur rata-rata yang diperlukan oleh orang dewasa. Jangan menggantikan kekurangan waktu tidur pada hari kerja di hari libur, karena ini tidak efektif. Usahakan agar cukup tidur setiap hari.

    Kurangi kafein
    Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein atau menguranginya, karena walaupun beberapa pengobatan sakit kepala menggunakan kafein untuk meredakan gejalanya tapi bisa memperparah juga.

    Hindari pemicu sakit kepala
    Cari tahu pemicu yang bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala agar bisa terhindar dari sakit kepala dengan cara mencatat secara rinci setiap Anda mengalami sakit kepala, seperti kapan dan apa yang baru Anda konsumsi sebelum terkena sakit kepala. Misalnya, beberapa orang perlu menghindari cokelat karena makanan tersebut memicu serangan migrain.

    Kurangi stres
    Dengan mengelola stres dan tekanan hidup dengan baik, seseorang bisa mengurangi risikonya mengalami sakit kepala. Anda bisa mencari cara untuk mengatur kegiatan sehari-hari dan menyusun waktu agar produktivitas Anda lebih maksimal.

    Makan secara teratur
    Jalani pola hidup sehat dengan makan secara teratur tiga kali sehari dan camilan di antaranya jika diperlukan. Disarankan untuk selalu makan di waktu yang sama setiap harinya dan mengawali hari dengan sarapan sehat.

    Santai
    Luangkan waktu untuk bersantai, seperti membaca buku, mandi dengan air hangat, dan mendengarkan musik. Selain itu, Anda juga bisa melakukan meditasi, latihan relaksasi, atau yoga.

    Kurangi konsumsi obat
    Konsultasikan dengan dokter jika Anda terlalu sering mengonsumsi obat pereda sakit, termasuk obat yang dijual secara bebas, karena mengonsumsi obat lebih dari dua kali dalam sepekan bisa membuat sakit kepala lebih sering kambuh.

    Rutin berolahraga
    Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membantu mengurangi stres. Mulailah berolahraga secara perlahan untuk mengurangi terjadinya cedera, dan pilihlah olahraga yang Anda gemari, seperti berenang, bersepeda, atau berjalan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak