Profile
Tuli (Hearing Loss)

Kenapa Telinga Sakit Saat Naik Pesawat?

Kenapa Telinga Sakit Saat Naik Pesawat?
Jakarta

Ass. Saya sering bepergian dengan pesawat. Dulu saya pernah ke Jepang thn 2003. Pas berangkat dan pulang dari Jepang, kuping saya gak ada apa-apa. Tapi sekarang setiap naik pesawat, apalagi pas take off/landing, kuping saya selalu sakit. Jadi sekarang saya selalu pake Ear Plug setiap mau take off/landing. Tapi setelah tiba dan beraktifitas, kuping saya sehat-sehat aja, dan tidak ada keluhan mendengung. Kira-kira itu kenapa ya? Apakah bahaya untuk kuping saya? Bagaimana cara mengobatinya? Trims dokter.

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Nyeri pada telinga dapat diakibatkan oleh adanya perubahan tekanan yang timbul pada telinga tengah, yang dikenal dengan tuba Eustachius.

    Fungsi dari tuba Eustachius adalah menyamakan tekanan di telinga dengan kondisi luar, dimana ketika Anda sedang naik pesawat, tekanan akan meningkat secara cepat, yang menyebabkan terjadinya kondisi ini.

    Langkah-langkah preventif dapat dilakukan:
    - Pastikan Anda dalam keadaan sadar (tidak tidur) ketika pesawat berangkat karena tuba Eustachius tidak terbuka secara efektif sewaktu tidur.
    - Menelan ludah, atau minum air secara teratur.
    - Hindari bepergian apabila Anda sedang demam atau sakit flu (infeksi) karena pada kondisi ini tuba Eustachius sulit bekerja optimal.

    Penggunaan ear plug sebenarnya tidak menghilangkan perubahan tersebut, hanya saja perubahan tekanan yang dialami telinga tengah, berlangsung secara perlahan-lahan, sehingga tidak menyebabkan telinga 'kaget' terhadap perubahan tekanan yang tiba-tiba. Ini juga merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

    Tetapi, apabila langkah-langkah tersebut sudah dijalankan, namun keluhan masih ada, baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga, HIdung, Tenggorok)

  • oke, saya akan coba cara pencegahannya. Trims dokter.

  • Lestari S.P. Lestari S.P. Dokter Umum

    saat berada didalam pesawat udara (baik take off,selama perjalanan maupun landing) dpt terjadi perbedaan tekanan udara antara tekanan udara kabin pesawat dengan tekanan udara rongga telinga, hal ini mengakibatkan telinga tidak berfungsi optimal dlm menangkap bunyi. pd beberapa kasus perbedaan tekanan udara ini menimbulkan nyeri bagi orang tersebut. untuk mengatasinya ,andrian dpt mempraktekkan teknik valsava,yg terdiri antara lain gerakan mengunyah,menelan .

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Telinga tengah kita memiliki tekanan udara yg sama dengan dunia luar, penyeimbangnya adalah melelui saluran/tuba Eustachius.
    Jika kita sedang flu, sering pilek karena alergi misalnya , terjadi gangguan pula pada tuba tersebut.

    Bila naik pesawat atau berada di daerah dataran tinggi maka keluhan nyeri terjadi akibat perubahan tekanan tersebut.
    Sebaiknya makanlah permen saat pesawat naik/turun, atau mengunyah/minum....agar muara tuba kita terbuka sehingga terdapat kesempatan untuk menyamakan tekanan udara di telinga tengah kita dengan dunia luar.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Tuli (Hearing Loss) ?
Ask Doctor

Popular Article

Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Ciri-Ciri Kulit Sehat Dan Tidak Sehat Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat (Dan Tidak Sehat)