Profile
Kesehatan A-Z

kenapa susah gemuk

kenapa susah gemuk
Makassar

Selamat Siang.. Dok, saya berumur 14 tahun tinggi 176 cm.. pertanyaan saya mengapa saya tidak bisa naik berat badan saya.. tapi porsi makan saya normal.. bisa di bilang banyak (porsi).. dan saya juga sudah minum obat cacing 2 bilang yang lalu.. terima kasih..

Answers

5 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Berapakah berat badan anda. ?

    Saya tidak bisa memberikan pendapat lebih jauh apabila saya tidak menegtahui berapakah berat badan anda saat ini.

    Terima kasih

  • berat saya 50 Kg..

    terima kasih..

  • saran ane di umur segitu.
    1. jangan sekalipun begadang hanya untuk kesenangan seperti main game online atau apapun itu usahakan cukup tidur.
    2. jangan minum minuman alkohol.
    3. jangan sekalipun merokok

    dah itu aja, supaya jangan kaya ane nih umur 22 tp berat gak lebih dari 45 krn kecanduan begadang

  • Selamat sore, Stephen.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Dengan berat badan 50 kg dan tinggi badan 176 cm, maka indeks massa tubuh Anda adalah 16,15. Hal ini tergolong di bawah normal. Sebaiknya perbaiki kualitas dan kuantitas makanan Anda. Konsultasikan dengan dokter gizi agar makanan yang Anda konsumsi seimbang dan bergizi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Peningkatan berat badan umumnya tidak hanya bergantung pada kecukupan asupan kalori secara kuantitas. Jenis nutrisi yang diasup, kecukupan cairan, olahraga, serta tingkat aktivitas juga dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian peningkatan berat badan Anda.

    Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk meningkatkan keberhasilan peningkatan berat badan:
    1. Makan lebih sering
    Cara menambah berat badan yang paling umum adalah makan lebih sering. Meski demikian, hal ini juga tak bisa dilakukan sembarangan. Misalnya, menambah porsi makan daripada biasanya. Pasalnya, cara menambah berat badan yang efektif adalah makan lebih sering tapi dengan porsi yang kecil. Artinya, makan dalam porsi kecil sebanyak 5 - 6 kali akan lebih efektif dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 2 - 3 kali.

    2. Makanan yang tepat
    Ingin menambah berat badan, bukan berarti Anda boleh makan apa saja. Para ahli diet menyarankan agar Anda memakan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
    Beberapa contoh makanan yang bisa menambah berat badan adalah susu yang memiliki kandungan protein sebanyak 8 - 9 gram serta mengandung lemak yang dapat menambah berat badan Anda. Lalu, konsumsi telur yang mengandung protein serta lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Anda juga bisa memasukkan roti gandum ke dalam daftar makanan diet menambah berat badan.
    Terakhir, tentu saja selalu masukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makanan Anda supaya metabolisme tubuh makin lancar.

    3. Pilihan minuman
    Minuman juga berpengaruh saat Anda ingin menambah berat badan. Oleh karena itu, salah satu cara menambah berat badan adalah minum setelah Anda selesai makan agar Anda tidak kembung atau begah yang bisa menyebabkan tidak nafsu makan.
    Anda pun sebaiknya menghindari minuman seperti soda, kopi, dan minuman sejenis dengan jumlah kalori yang sedikit dan memiliki nutrisi terbatas. Berat badan akan bertambah bila Anda meminum smoothies dari buah-buahan dan susu.

    4. Olahraga
    Melakukan olahraga tidak hanya dapat menurunkan berat badan Anda. Olahraga, terutama latihan kekuatan (power exercise) dan latihan beban (weight lifting exercise) adalah cara menambah berat badan dengan membangun otot-otot Anda. Tak hanya itu, olahraga juga dapat menambah nafsu makan Anda.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut
    http://meetdoctor.com/article/menambah-berat-badan-bagaimana-caranya
    http://meetdoctor.com/article/5-cara-menambah-berat-badan
    http://meetdoctor.com/article/fitness-dan-berat-badan
    http://meetdoctor.com/article/pengaruh-berat-badan-dan-hormon

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV