Profile
Nyeri Leher (Neck Pain)

Kenapa sering sakit dan kaku tangan

Kenapa sering sakit dan kaku tangan
Jakarta

Dok, Saya pernah mengalami kaku tangan ampe tulang belikat sehingga tidak bisa digerakin Karena sakit sekali. Saya Bawa fisioterapi tapi tetap tdk sembuh total. Saya mengalami cukup lama disebelah Kanan Dan tiba tiba sembuh tapi menyerang ke tangan kiri. USIA Saya Saat ini 39th. Nikah to blm puny a anak dgn tinggi Dan Berta 160/54kg

Answers

3 answers

  • Maaf? Kenapa belum Ada jawaban Dari dokter ya?

  • Selamat sore.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Penyebab adanya kaku pada tangan bermacam-macam, bisa berupa adanya trauma di area tersebut, gangguan seperti infeksi, inflamasi, dan sebagainya. Saran saya, Anda dapat mengunjungi dokter Anda sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut. Latihan ringan pada tangan dan merendamnya di air hangat dapat membantu meringankan keluhan Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    pada Umumnya nyeri sendi jari-jari tangan diakibatkan oleh penyakit rematik. tetapi tidak semua nyeri sendi jari-jari dan pergelangan tangan selalu akibat penyakit rematik.

    Selain rematik ada beberapa penyakit yang lebih sering mengakibatkan nyeri sendi di daerah tangan ketimbang penyakit rematik, yakni penyakit trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan penyakit de Quervain. Ketiga penyakit ini lebih sering dialmi wanita ketimbang pria.
    -trigger finger disebabkan oleh terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan. Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, terutama saat menggenggam. Jari seperti “tersangkut” ketika dilipat dan nyeri saat diluruskan kembali.

    -carpal tunnel syndrome biasanya terjadi dan dialami khususnya orang-orang usia di atas 30 tahun. Kejadian ini akan lebih sering pula dialami pada orang-orang yang banyak menggunakan tangan atau gerakan tangan yang berulang saat bekerja atau melakukan suatu pekerjaan. Misalnya pada ibu-ibu rumah tangga yang banyak mencuci baju secara tradisional (tanpa mesin cuci), atau pada orang-orang yang banyak menulis dan mengetik.

    untuk mengetahui lebih jelas keluhan yang dirasakan sebaiknya anda ke dokter, karena harus dilakukan pemeriksaan fisik terhadapa masalah anda.

    adapun beberapa tips agar tangan anda tidak nyeri/kram lagi.
    -mengistirahatkan tangan sekitar 15 menit saat tangan atau jari jari anda mengalami kram
    -lakukan peregangan pada tangan anda
    -minum banyak air putih

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Nyeri Leher (Neck Pain) ?
Ask Doctor

Popular Article

Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak