Profile
Kesehatan Seksual

Kenapa saat berhubungan intim keluar darah dari Miss.V

Kenapa saat berhubungan intim keluar darah dari Miss.V
Jakarta

Saya wanita berusia 22 tahun. Sudah seminggu ini ketika saya berhubungan intim dengan suami saya, keluar darah. awalnya kami mengira darah itu berasal dari suami saya. Tetapi setelah diperhatikan ternyata darah itu berasal dari saya, bukan suami saya. Kira2 ada apa dengan vagina saya ya dok? saya takut klo itu gejala kanker serviks. keputihan saya normal, berwarna bening/putih dan tidak berbau, ketika menstruasi saya juga normal, tidak berlebihan seperti gejala2 kanker serviks yg saya cari tau dr internet. mohon pencerahannya.. salam,

Answers

14 answers

  • Selamat siang,

    Apakah sebelumnya ketika anda melakuukan hubungan juga mengeluarkan darah?apakah ada rasa nyeri saat berhubungan?
    Saran saya lakukan pemeriksaan segera ke dokter kandungan. Untuk mengetahui apakah darah yang keluar akibat iritasi saat berhubungan. Atau ada penyebab lain.

    Semoga membantu

  • Darah keluar saat berhubungan, saat foreplay tidak mengeluarkan darah. dan saat berhubungan saya tidak merasakan nyeri. makanya saya kaget tiba2 ada darah.
    padahal sebelumnya tidak pernah ada kejadian seperti ini.
    oke dok, nty malam saya mau coba ke bidan. makasih sarannya :)

  • jangan ke bidan. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

    semoga membantu

  • selamat sore saya wanita umur 30 thn , baru menikah.
    kenapa saat saya setelah berhubungan intm dengan suami saya kluar lendir darah disertai sperti cairan warna putih ya dok?
    hari kedua saya hub intim dng suami saya stelah itu berapa menit kluar darah tanpa lendir,
    hari ketiga saya malah menstruasi dok, kenapa ya dok?
    terimakasih

  • dok saya mau tanya, mengapa sebelum berhubungan tapi miss.V saya keluar darah apakah mungkin kena gesekan mr.P? jawaban nya di tunggu dok terima kasih

  • User

    Dok , saya wanita berusia 19 tahun... Saya selsai menstruasi tagal 13 satu minggu setelah itu saya melakukan hubungan intim tiba tiba keluar bercak darah,, saya kira itu karena gesekan.. Tapi setelah itu setiap pagi saya mengeluarkan flek tapi hanya saat pagi hari.... Satu minggu kemudian saya melakukan hubungan intim kembali dan keluarnya darah lebih banyak dari yang sebelumnya... Kira kira daya kenapa ya dok??

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Postcoital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

    Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). Namun lebih baik sementara ini Anda tidak melakukan hubungan seksual, mengingat bakteri vagina dapat menginfeksi luka tersebut.

    Beberapa penyebab lain dari perdarahan pasca berhubungan seksual adalah :

    1. Peradangan pada serviks (leher rahim) dimana hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. Kondisi ini disebut dengan erosi serviks, umum terjadi pada wanita muda, wanita hamil, dan mereka yang memakai kontrasepsi pil
    2. Polip serviks atau polip rahim. Umumnya polip ini jinak
    Infeksi oleh klamidia, gonorea, trikomonas, dan jamur (Infeksi Menular Seksual)
    3. Vaginitis atropi yang umum terjadi karena kekurangan hormon estrogen, terutama pada wanita post menopause. Kurangnya lendir pada vagina menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan dapat terjadi perdarahan
    4. Kanker leher rahim
    Displasia serviks. Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim. Risiko meningkat dengan riwayat infeksi seksual sebelumnya, berhubungan seksual sebelum usia 18 tahun, melahirkan anak sebelum usia 16 tahun
    5. Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

    Mengingat banyaknya penyebab perdarahan postcoital, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dapat dicari penyebabnya segera. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat malam dok ,saya eny .
    Kenapa miss v saya Mengeluarkan darah setelah berhubungan suami istri ,ya dok.
    Tapi saya engga merasa sakit,nyeri atau perih dok .
    Paginya saya cek lg engga ada darah lagi sampai Sekarang aku pikir apa memang waktunya saya haid , oleh terakhir haid bln Kemaren tgl 12-18 nov , , saya Engga kepikiran kalo hamil ,saya juga blm test , yang saya takutin kenapa kenapa (kanker) .. Mohon kasih tau infonya ya dok :) terima kasih

  • Selamat pagi dear..
    Penyebab keluarnya darah paska berhubungan intim bisa disebabkan karena :
    Penyakit radang panggul
    Vagina yang terlalu kering
    Polip rahim
    Miom
    Vaginitis
    Tanda awal kanker leher rahim
    Tanda awal kanker vagina
    Infeksi menular seksual seperti chlamydia dll
    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda maka pemeriksaan fisik akan diperlukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pervaginam dan tes medis lain seperti USG, Tes darah, tes urin, Papsmear dll jika perlu. Dengan pemeriksaan dan tes medis maka penyebab bisa diketahui dan bisa diberikan penanganan yang sesuai indikasi. Perdarahan yang terjadi harus segera diperiksakan agar tidak berlarut dan menimbulkan komplikasi yang merugikan.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • Halo dok , umur saya 20 thun
    Kemarin november tnggl 29 saya haid , lalu di bulan 12 saya bersenggama , tpi kenapa vaguna saya mngeluarkan darah selama 3 hari tanpa ada rasa nyeri / sakit ya dok ? Lalu di bulan dsember tgl 29 ini saya belum haid , apakah saya hamil? Tpi memang siklus menstruasi saya tidak teratur , kadang maju kadang mundur , dan suami saya jg tidak mengeluarkan spermanya di dalam vgina saya , cuma setiap ejakulasi dia keluarkan seperma di paha saya lalu dimasukan lgi penisnya sampai 5X , apakah saya hamil dok?

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Berdasarkan cerita yang anda sampaikan Kemungkinan Hamil tetap ada. Kemungkinan sperma sisa yang masih menempel masih ada .
    setiap ejakulasi dia keluarkan seperma di paha anda lalu dimasukan lgi penisnya .

    Lakukan test pack ulang untuk memastikan nya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    untuk mengetahui bahwa anda hamil sebaiknya anda melakukan test kehamilaan karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

  • dok saya laki-laki kenapa saat saya mau berhubungan intim, pada saat kelamin saya berdiri kelamin saya mengeluarkan banyak darah. kira- kira apa obat nya ya trims

  • Selamat pagi,

    Keluar darah dari penis saat berhubungan intim sangat jarang terjadi, perlu dipastikan apakah darah tersebut dari penis ataukah dari vagina wanita. Beberapa kemungkinan keluar darah dari penis saat berhubungan antara lain:

    Cedera pada penis atau salurannya
    Gangguan pada prostat misal akibat infeksi, kanker. Darah ini keluar bersamaan saat ejakulasi.

    Sedangkan keluarnya darah yang bersamaan saat buang air kecil dapat disebabkan oleh:
    Infeksi saluran kemih
    Batu saluran kemih
    Cedera pada saluran kemih
    Obat-obatan seperti rifampicin yang dapat menimbulkan warna urin orange kemerahan sehingga menyerupai darah
    Tumor atau kanker kandung kemih

    Untuk mencari penyebabnya diperlukan informasi lebih lengkap mengenai gejala Anda, pemeriksaan fisik langsung oleh dokter, serta pemeriksaan penunjang seperti analisa cairan sperma, pemeriksaan urin, USG, dsb.

    Sekian jawaban saya semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV