Profile
Kesehatan Seksual

Program hamil, gangguan menstruasi, program kehamilan

Program hamil, gangguan menstruasi, program kehamilan
Jakarta

Dear Dokter, Saya mau bertanya saya sblmnya pernah keguguran dibulan May 2012 sampai dengan sekarang saya blm hamil saya sdh cek ke dokter mnurut diagnosa dokter normal, letak rahim sdh normal dan sdh bersih dan tdk ada kista bulan lalu sblm saya haid di hari ke-22 setelah berhubungan keluar darah, 3 hari kemudian saya haid (siklus 25hari) setelah selesai haid di hari ke 11 setelah berhubungan juga keluar darah, 2hari setelah berhubungan saya keluar flek lg selama 2 hari, kemudian terjadi lagi ketika habis berhubungan 2hari kemudian keluar flek lg selama 2 hari (dihari ke21,hubungan di hari ke 19) Saya tdk pernah spt ini sblmnya, kira2 ini krn apa ya dok? Klo terjadi spt ini apakah saya masih ada kemungkinan saya hamil tdk ya di bulan ini? Mohon bantuannya ya dok Thanks before

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat sore,

    Perdarahan melalui vagina setelah berhubungan dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan penyebab, mulai dari penyebab yang sedehana( luka biasa akibat hubungan seksual) dan kemungkinan yang paling harus diwaspadai adalah kanker serviks.

    Pada kanker serviks perdarahan yang terjadi biasanya disertai lendir yang berbau dan nyeri.

    Saya sarankan agar diperiksakan ke dokter kandungan untuk meilhat bagaimanakah keadaan kandungan dan organ reproduksinya saat ini. Saya sarankan juga agar ibu rutin memeriksakan Pap Smear setiap tahun.


    Untuk mencurigai kemungkinan hamil atau tidak, ibu dapat melakukan uji test kehamilan (test pack), apabila dalam bulan ini ibu tidak mendapatkan haid / hanya berupa flek saja.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • Dok saya belum pernah hamil dan pernah menggunakan kondar (postinor ) 4-5 kali di awal pernikahan dalam satu bulan.. dan sekarang saya ingin program hamil dok.. dan berkeinginan untuk punya momongan anak laki laki.. hal dan cara berhubungan seperti apa yg efektif agar saya bisa cepat hamil dan makanan seperti apa yg harus bnyak di konsumsi oleh saya (istri) dan oleh suami saya..
    Mohon saran dan jawaban nya dok..

  • Selamat siang ibu Pritty,

    Untuk merencanakan kehamilan, Anda perlu memahami siklus menstruasi wanita, masa subur, dan cara kerja dari masing-masing organ reproduksi. Peluang setiap wanita untuk hamil adalah 15-25 persen tiap bulan. Salah satu cara cepat hamil adalah dengan berhubungan seks selama masa subur, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur (ovulasi). Kehamilan terjadi ketika sperma membuahi sel telur dalam masa ovulasi ini. Namun meski Anda dan pasangan berhubungan seks sebelum masa tersebut, sperma yang telah masuk dapat bertahan hidup dalam tubuh wanita hingga 7 hari. Setelah mencapai saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim atau tuba falopi, sperma dapat menunggu hingga sel telur dilepaskan. Sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir meski kesulitan menghitung masa-masa ovulasi.

    Selain upaya-upaya yang telah anda tempuh, perlu diperhatikan dua hal berikut :

    1. Frekuensi berhubungan seks.
    Peluang sperma membuahi sel telur terbilang kecil, yaitu hanya pada 4-5 hari menjelang masa-masa ovulasi dan hari ovulasi itu sendiri. Maka yang bisa Anda lakukan adalah berhubungan seks dalam periode ini. Namun penelitian menemukan bahwa tubuh Anda sering tidak berproses tepat waktu seperti mesin. Masa-masa ovulasi dapat bergeser karena banyak faktor seperti stres dan olahraga berlebihan. Bahkan jika siklus haid Anda tergolong normal, ovulasi dapat terjadi kapan saja. Sehingga jika Anda tidak berhubungan seks tepat waktu, maka peluang Anda untuk hamil akan berkurang Langkah terbaik yang disarankan adalah berhubungan seks sesering mungkin, setidaknya 3-4 kali seminggu. Dengan catatan, pasangan pria memiliki kadar sperma yang cukup.

    2. Kesehatan pasangan.
    Penyakit kronis yang diidap salah seorang pasangan dapat memengaruhi peluang hamil. Menjaga kesehatan diri sendiri dan pasangan adalah langkah utama mencapai kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan.

    Perlu diperhatikan bahwa program hamil ini diperlukan kerjasama yang baik antara suami-istri. Jadi bukan hanya ibu yang berusaha mempersiapkan kehamilan, namun juga suami penting untuk menjaga kualitas sperma dengan cara menjaga pola hidup sehat serta tidak merokok.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Ciri-Ciri Kulit Sehat Dan Tidak Sehat Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat (Dan Tidak Sehat)