Profile
Kesehatan Wanita

Kelebihan dan Kekurangan Pil KB Diane / Yaz

Kelebihan dan Kekurangan Pil KB Diane / Yaz
Jakarta

Selamat Sore Dokter... Setelah 2bulan terjadi flek terus pasca pasang KB IUD akhirnya saya putuskan utk 'Lepas' karena dgn kondisi yg seperti itu terus membuat saya dan pasangan tidak nyaman. Lalu oleh Dokter saya dianjurkan memakai Pil KB Yaz karena KB Pil yg cukup bagus diantara yg lainnya. Tp setelah saya baca beberapa artikel mengenai pil tsb malah akan berdampak 'Penyumbatan Pembuluh Darah, Jantung serta Stroke'. Yang ingin saya tanyakan Apakah Benar? Apa sebenarnya Kelebihan dan Kekurangan KB dengan menggunakan Pil? lalu bagaimana solusinya? Terima kasih

Answers

7 answers

  • Kelebihan kekurangan pil KB
    • Sangat efektif bila diminum setiap hari.
    • Bila berhenti minum Pil KB dapat terjadi kehamilan.
    • Pada bulan-bulan pertama pemakaina mungkin dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, pendarahan atau flek diantara masa haid, kenaikan berat badan, atau sakit kepala. Semua gejala ini tidak berbahaya.
    • Aman untuk hampir semua wanita karena efek samping jarang terjadi.
    • Dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum mempunyai anak.
    • Dapat mencegah penyakit kanker tertentu, kurang darah (akibat kekurangan zat besi), nyeri pada waktu haid dan beberapa kesehatan lain.
    Jika sesuai dosis dan dalam kontrol dokter tidak perlu khawatir.

    Terima kasih

  • dear ibu,

    Efek samping dari pil KB baik merk dan preparat apapun pasti ada, untuk risiko penyumbatan pembuluh darah dan jantung dan dapat menyebabkan stroke lebih pada orang yang telah memiliki faktor risiko atau penyakit pendahulunya.

    Karenanya pemilihan metode kontrasepsi harus didiskusikan dg dokter kandungan atau bidan anda agar dokter dapat mengetahui dengan persis apa kontraindikasi dan indikasi yang ada pada pasien. Hampir seluruh metoda kontrasepsi buatan (pil,suntik, IUD, susuk, dll) memiliki kontraindikasi tersendiri, namun disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu sendiri.
    Sehingga tidak perlu dikhawatirkan jika dokter anda telah menyarankannya

  • Dokter...
    Lalu apakah siklus menstruasi saya akan teratur kembali? karena yg saya tau kalu utk pil KB Microgynon katanya Haid jg ga Teratur? Apakah ada jangka waktunya bila berhenti minum pil KB trs langsung bisa Hamil?

    Terima kasih.

  • Dokter...

    1 pertanyaan lagi, antara Pil KB dan Susuk mana yg lbh recommend? kelebihan dan kekurangan KB Susuk apa dok?
    Mohon responnya...

    Terima kasih

  • User

    Apakah minum pil kb stlh haid (4hr stlh haid) bs menyebabkan kehamilan?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,m indah

    stiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangannya, berikut bebrapa jenis alat kontrasepsi,

    1. Pil kontrasepsi : kelebihannya siklus haid anda teratur tiap bulannya, meskipun ada juga yang tidak mendapatkan siklus teratur. Kekurangannya: Menimbulkan efek samping, seperti keinginan seksual yang berubah, mual dan muntah.
    2. Spiral atau IUD :kelebihannya : Efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan untuk jangka waktu 5-10 tahun.
    3. KB implant kelebihannya dapat bekerja samapi 3 tahun, kekuranganny sekitar 20% wanita yang menggunakan implant tidak mengalami mestruasi.
    Selain paling efektif, metode ini sifatnya tidak permanen sehingga bisa dilepas jika ingin punya anak lagi. kekurangannya : Memiliki risiko infeksi jika terjadi kesalahan dalam pemasangan.
    4. Suntik Hormon : kelebihannya : Kelebihan alat kontrasepsi ini adalah tidak perlu repot memasang setiap kali akan berhubungan seks. kekuranganya : bisa menyebabkan iritasi ruam kulit,
    5.Kondom : Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling murah, mudah didapat, bisa digunakan kapan saja dan mudah untuk digunakan. Namun, kondom mengurangi kenyamanan laki-laki.
    6. Vasektomi :Vasektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya. Operasi vasektomi menghambat saluran spermatozoa yang membawa sperma keluar.
    7. Tubektomi : Tubektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk perempuan yang mana saluran tubanya diblokir atau dihambat sehingga sel telur yang dikeluarkan tidak bisa masuk ke dalam rahim.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    alat kontrasepsi banyak macam nya contohnya alat kontrasepsi hormonal. Pil KB digunakan untuk mencegah kehamilan, dengan menghambat indung telur berovulasi atau melepaskan sel telur. Selain itu, pil juga akan membuat sperma kesulitan mencapai sel telur atau menghalangi sel telur menempel pada lapisan rahim.

    adapun beberapa efek samping yang paling sering dirasakan.

    Periode Menstruasi Tidak Teratur : Biasanya efek samping ini akan terasa setelah konsumsi pil KB selama 1 atau 3 minggu pertama. Terkadang masalah ini juga muncul jika lupa untuk minum pil KB.

    Mual : biasanya mual terjadi pada minggu minggu pertama pada saat minum pil kb. Untuk mengatasi mual sebaiknya pil KB diminum setelah makan sebelum tidur malam.

    Pusing : Pusing menjadi salah satu efek samping dari pil KB karena kandungan estrogen yang sangat rendah. Pusing biasanya akan hilang sendiri tanpa perawatan kecuali jika pusing terjadi lebih dari 7 hari.

    Perubahan Emosi : Perubahan emosi sering dihadapi oleh wanita yang menggunakan pil KB. Kondisi ini rentan terjadi pada wanita yang memiliki pekerjaan berat atau masalah tekanan mental yang tinggi.

    Keputihan : Penyebab keputihan salah satunya adalah adanya efek pil KB. Terkadang jika keputihan sudah menjadi bau dan warnanya berubah dari kuning kehijaun maka efek keputihan ini bisa menjadi infeksi yang membutuhkan perawatan lanjut.

    Payudara sakit atau membesar : Sangat jarang terjadi, payudara menjadi lebih lembek dan/atau membesar

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan