Profile
Menstruasi

Kehamilan pasca berhenti KB

Kehamilan pasca berhenti KB
Semarang

Saya wanita usia 30 tahun dan sudah 2 tahun 2 bulan menggunakan KB suntik 3 bulanan. Bulan ini saya bermaksud tidak lagi suntik KB karena berat badan saya naik terus dan kondisi badan sering tidak fit. Sepanjang pengetahuan saya, biasanya akan terjadi ketidakteraturan haid selama kurang lebih 6 bulan atau bahkan tidak haid sama sekali. Mengingat masa subur terjadi setelah adanya haid, kalau saya tidak haid sama sekali, apakah saya bisa hamil?kalau ternyata hanya flek2 saja, apakah saya juga bisa hamil?

Answers

3 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Setelah suntik KB 3 bln maka tidak segera subur. Jadi bila ibu sdh dapat haid normal/teratur maka ibu akan mendapatkan kesuburan.

  • Terima kasih informasi/jawabannya Dokter...

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    KB Suntik adalah salah satu metode Mencegah Kehamilan yang saat ini banyak digunakan di negara-negara berkembang. KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga sulit untuk ditembus oleh sperma untuk pembuahan. Jenis Alat Kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan bisa dicegah.KB suntik merupakan Suatu metode dari kontrasepsi yang diberikan melalui suntikan. Ini merupakan metode yang mendapatkan peminat yang paling tinggi karena dianggap sebagai cara yang aman, lebih efektif, lebih simpel.


    Jenis Suntik KB dibagi menjadi jenis, yaitu:

    KB Suntik 3 Bulan,
    KB Suntik 1 Bulan

    kelebihan kb suntik adalah metode kontrasepsi hormonal efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Memberikan kenyamanan kepada pasangan suami istri, karena dengan satu kali suntikan anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi selama 1 sampai 3 bulan, sesuai dengan jenis Suntik KB yang anda pilih. Anda dan pasangan bisa lebih spontan dalam berhubungan intim tanpa harus khawatir menjadi hamil. Kehamilan bisa anda dapatkan kembali, setelah menghentikan penggunaan KB Suntik.

    pada beberapa kasus KB Suntik juga memberikan efek samping terutama pada awal pemakaian, yang diantaranya adalah:

    -Siklus haid menjadi tidak teratur berkepanjangan, atau bahkan anda tidak mengalami haid sama sekali, selama beberapa bulan pertama saat pemakaian atau berhenti melakukan KB suntik,
    -Beberapa ibu yang menggunakan metode KB suntik 3 bulan mengalami penambahan berat,
    -Ibu mengalami jerawat, sakit kepala, nyeri payudara, perubahan suasana hati, dan perut kembung,
    -Pada beberapa kasus, kesuburan wanita baru pulih setelah beberapa bulan menghentikan penggunaan KB suntik,
    -Penggunaan KB suntik 3 bulan memicu terjadinya osteoporosis.

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Kehamilan momen yang rentan bagi wanita, karena itu ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat Antibiotik pada Kehamilan Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA