Profile
Hamil

Kedutan di atas vagina

Kedutan di atas vagina
Bali

Dok, saya sedang hamil 5 bulan. Akhir-akhir ini saya merasa di bagian bawah perut saya, di atas vagina, ada kedutan seperti ditendang si kecil. Dan kadang terasanya nyeri saat ingin pindah posisi tidur. Apakah rahim saya turun, dok?

Answers

3 answers

  • Selamat pagi desi ratnasari

    Kedutan yang terasa pada perut wanita hamil bisa diakibatkan karena adanya gerakan dari janin. Janin sudah mulai bergerak Pada usia hamil 4 bulan atau sekitar 16-20 minggu, ibu hamil pada umumnya mulai merasakan pergerakan bayi mereka. Oleh karena ibu apabila ibu merasakan adanya kedutan maka hal tersebut normal. Terlebih lagi bayi bisa berubah posisinya setiap saat, pada saat kaki berada di bawah dan menendang perut bagian bawah maka kedutan bisa dirasakan di perut bagian bawah hingga di atas vagina. Nyeri bisa diakibatkan karena perut tegang, sehingga anda dapat mengubah posisi yang nyaman menurut anda, dan melakukan pijatan atau kompres hangat pada pinggang dapat mengurangi nyeri. Bukan karena rahim turun.

    Terimakasih

  • Lalu, apakah wajar keputihan saat hamil? Saya mengalami keputihan, berwarna putih seperti susu tapi tidak gatal dan tidak berbau. Bagaimana cara mengatasinya?

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Jika memang keputihan saat hamil bersifat normal, yaitu berwarna putih atau jernih serta tidak berbau, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Namun untuk menanganinya, sehari-sehari Anda dapat menggunakan pantyliner demi kenyamanan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Diare memang terlihat sepele, namun perlu ditangani secara tepat. Berikut lima jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan diare lebih cepat. Diare? Konsumsi Makanan Ini Diare lazim dialami oleh anak-anak, khususnya anak-anak yang berada di bawah usia lima tahun. Disebut diare jika anak mengalami buangair besar yang lebih encer dan sering Cegah Dehidrasi Pada Anak yang Diare