Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Katarak

Katarak
Jakarta

Malam dok ada bintik kecil di lensa mata saya Sangat tidak terlihat, saya baru sadar ketika sudah benar-benar diperhatikan Apakah ini katarak? Lalu apa perbedaan katarak dengan citrosis mata? Apakah bintik kecil ini bisa saya hilangkan tanpa operasi dok? Mohon jawabannya Terima kasih

Answers

1 answers

  • Dr. Artha Latief, SpM Dr. Artha Latief, SpM Spesialis Mata

    Selamat pagi bu,

    Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata, yang umumnya memerlukan bantuan alat mikroskop slit lamp (yang biasanya dijumpai di ruang praktek dokter mata) untuk melihat ada tidaknya , derajat kekeruhan, luasnya katarak tersebut.

    Terkecuali pada katarak yang sudah tebal atau sangat keruh sehingga dapat dilihat dengan jelas tanpa menggunakan alat bantu. Biasanya pada kondisi ini, penglihatan penderita katarak tersebut akan sangat terganggu.

    Citrosis mata adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan proses infeksi yang terjadi akibat pemaparan yang cukup sering terhadap zat yang bersifat asam. Dulu sering dijumpai pada pekerja pabrik tapi semenjak tahun 2000an sudah jarang dijumpai karena sudah ada pengaturan mengenai keselamatan kerja.

    Mengenai bintik kecil, harus dilihat langsung oleh seorang dokter mata dengan menggunakan mikroskop slit lamp agar diketahui dengan jelas dan pasti apa bintik kecil tersebut.

    Terimakasih atas perhatiannya

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur