Profile
Hamil

Kapan bisa hamil setelah keguguran tanpa kuret?

Kapan bisa hamil setelah keguguran tanpa kuret?
Maros, Sulawesi Selatan

Selamat siang dok, saya keguguran bln April tanpa kuret USG sdh bersih. Apa saya sdh bisa hamil setelah 2x haid? Haid pertama agak lama berhenti. Thx.

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Halo, selamat siang, Merry.

    Mengenai hal ini tidak ada panduan pasti berapa lama untuk bisa hamil kembali setelah keguguran. Secara medis, aman untuk mengalami kehamilan setelah 2-3 kali siklus menstruasi yang normal apabila tidak dilakukan tes atau penanganan pada penyebab keguguran sebelumnya.

    Sementara, beberapa pakar lain menyatakan waktu yang aman adalah sekitar 6 bulan hingga 1 tahun untuk kembali hamil. Yang mendasari hal ini adalah untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan yang lancar dan mengurangi resiko keguguran kembali.

    Terpenting adalah ketika Anda hamil kembali, teraturlah untuk memeriksakan kandungan Anda ke dokter spesialis.

    Demikian dan semoga bermanfaat.

  • Terima kasih masukannya dok

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    anda harus benar-benar mempersiapkan rahim supaya siap untuk kehamilan selanjutnya. Hal ini tida ada hubungannya dengan Rahim setelah dikuret, namun lebih kepada persiapan rahim itu sendiri untuk kehamilan selanjutnya. Kehamilan selanjutnya harus dengan dasar sel yang sehat dan rahim yang siap menjadi tempat pembuahan. Dengan kesiapan semua faktor, kemungkinan keguguran pada kehamilan berikutnya akan kecil. Bukankah Anda tidak ingin terjadi hal ini lagi.

    Jarak waktu 90 hingga 120 hari adalah saat yang ideal untuk kembali memulai kehamilan paska keguguran”, Kehamilan harus dipersiapkan dengan matang untuk menghindari beberapa komplikasi yang mungkin saja terjadi dan menyebabkan keguguran lagi, dan waktu 90 sampai 120 hari dinilai cukup untuk berganti dengan sel yang baru.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan