Profile
Diabetes

jenis makanan untuk pasien diabetes

jenis makanan untuk pasien diabetes
Malang

selamat sore dokter, saya ingin bertanya, apa aja jenis makanan yang di anjurkan bagi pasien diabetes melitus ? tapi ayah saya gak bisa lepas dari nasi putih. terima kasih dok

Answers

2 answers

  • Selamat sore Ibu Muflikhatun.

    Pasien diabetes mellitus (DM) memiliki kadar gula yang tinggi dalam darahnya. Sebagai bagian dari tata laksana diabetes mellitus dan untuk menghindari komplikasi lebih lanjut, disarankan menjalani pola hidup sehat berupa pengaturan diet (pola makan) dan olahraga teratur. Olahraga yang dimaksud dapat dimulai dengan latihan olahraga ringan 30-60menit secara teratur setiap hari. Pengaturan diet atau pola makan ditujukan untuk menjaga kadar gula darah mendekati normal, namun sebenarnya hal ini bersifat individual disesuaikan dengan keadaan setiap pasien yang mungkin berbeda satu sama lain (misalkan memiliki penyakit penyerta lain, alergi makanan tertentu, memiliki masalah berat badan dan hal lain sebagainya). Secara umum, pengaturan pola makan yang disarankan terbagi menjadi 3 kali makanan utama dengan adanya makanan ringan/snack di antara makanan utama dengan jarak 3 jam. Kalori yang diberikan pun disesuaikan untuk aktivitas sehari-hari sesuai dengan jenis pekerjaan, berat badan , dan keadaan pasien.

    Untuk kasus ayah Anda, hal yang dapat saya sarankan adalah sebagai berikut:
    - kurangi konsumsi gula, bahkan kalau bisa lakukan pantang gula bagi pasien DM. Beras putih memang cenderung memiliki indeks glisemik yang agak tinggi sehingga kebanyakan menyarankan mengganti dengan beras merah. Namun hal ini tidak mutlak, jika memang ayah Anda tidak dapat lepas dari nasi putih, dapat disiasati dengan mengurangi jumlah konsumsi nasi putih dan diselingi dengan karbohidrat lain yang memiliki indeks glisemik yang lebih rendah seperti kentang, oat, beras merah.
    - batasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi asam urat (jerohan, emping, kacang-kacangan) dan tinggi lemak (seperti gorengan, kepiting, udang, kerang, cumi, santan)
    - konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti tomat, wortel, pepaya, apel
    - variasikan makanan agar tidak cepat merasa bosan
    - aktivitas olahraga ringan sekitar 30 menit dalam sehari sangat disarankan, hal itu dapat seperti jalan santai bersama keluarga atau bersepeda ringan.
    - usahakan istirahat cukup, minimal 6 jam sehari.
    - berobat rutin, dengan dosis dan jenis obat yang telah disesuaikan oleh dokter ayah Anda.

    Sekali lagi, pengaturan pola makan ini bersifat individual dan berbeda setiap pasien. Saran saya kontrol teratur dan konsultasikan pada dokter yang terdekat untuk penyesuaian dengan keadaan ayah Anda dan monitoring teratur agar tidak terjadi komplikasi.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga membantu

  • terima kasih dokter atas sarannya :)

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Rasa manis pada gula membuat penikmatnya kecanduan. Namun, efeknya cukup besar bagi kesehatan. Ini Bahaya Gula bagi Kesehatan Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput