Profile
Eye & Vision Health

Jaga kesehatan mata

Jaga kesehatan mata
Bekasi

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata anak? Khususnya anak yg kecanduan main gadget dok

Answers

1 answers

  • Selamat siang,

    Berikut ini beberapa tips yang penting diperhatikan bagi para orangtua untuk menjaga kesehatan mata anaknya:

    1. Bila orangtua mengamati adanya perilaku yang tidak biasa pada anak, seperti menghadap ke satu sisi ketika menonton televisi, berulang kali menabrak benda, atau ketidakmampuan untuk mengambil mainan, bawa segera anak Anda ke dokter untuk diperiksa.

    2. Anak tanpa gejala pun harus dibawa untuk tes skrining penglihatan pada usia 3 tahun. Dalam kondisi dengan keturunan rabun jauh (myopia) dalam keluarga, sebaiknya anak dibawa untuk tes skrining penglihatan lebih awal, karena rabuh jauh yang berat dapat menyebabkan penyakit mata malas (amblyopia).

    3. Batasi waktu penggunaan gadget anak hanya satu jam per hari, dan usahakan setiap 30 menit anak beristirahat selama 5 menit. Atau, terapkan rumus 20, 20, 20. Maksudnya, setiap 20 menit penggunaangadget, istirahatkan selama 20 detik dan ajak anak melihat benda-benda berjarak 20 kaki atau 6 meter. Selain itu, jangan lupa juga ingatkan anak untuk berkedip guna membasahi matanya agar tidak menimbulkan mata kering.

    4. Berikan anak sayuran, terutama wortel, sayuran berwarna gelap, dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan