Profile
Menstruasi

Haid tidak teratur

Haid tidak teratur

dok, saya mengalami siklus mens yg tdk teratur 1 tahun terakhir jrak mens sy 3 smpai 4 bulan baru haid lagi.. Dan bulan desember sy mens tgl 28 slma 4 hari lalu tgl 12 januari mens lagi.. apakah itu normal ? Mhon jawaban nya dok☺

Answers

2 answers

  • Selamat sore

    Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda ada yang teratur dan ada yang tidak teratur. Rata-rata siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari dengan lama menstruasi 3-7 hari. Siklus menstruasi bisa tidak teratur pada tahun-tahun awal menarche (menstruasi pertama kali) bila saat ini anda mengalaminya saat usia remaja yakni di tahun awal menarche maka hal itu normal. Akan tetapi apabila anda mengalaminya saat usia dewasa muda maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan, karena harus dicari penyebabnya apakah ada gangguan hormonal ataukah ada masalah di organ kandungan sehingga terjadi keterlambatan haid sampai 3-4 bulan atau haid yang berlangsung lebih cepat seperti yang anda alami.

    Terimakasih

  • Salam sehat,

    Siklus haid normal yaitu 21 - 35 hari dengan periode 3-7 hari. Namun pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stres, gaya hidup, dan lainnya.

    Gangguan haid Digolongkan dalam :
    1. Kelainan panjang siklus (N=21-35hr):
    - Polimenore (sering) jika haid terjadi kurang 21 hari
    - Oligomenore (jarang) jika haid terjadi lebih dari 35 hari
    - Amenore (tidak haid) → jika haid tidak terjadi selama 3 bln berturut – turut
    2. Kelainan banyaknya haid (Normalnya darah haid = ±80ml):
    - Hipermenore (banyak) jika darah haid lebih 80ml
    - Hipomenore (sedikit) jika darah haid kurang dari 80ml
    3. Kelainan lama haid (Normalnya lama haid 3 – 7 hari):
    - Menoragi (memanjang) jika lama haid lebih 7 hari
    - Brakimenore (memendek) jika lama haid kurang dari 3 hari
    4. Metroragi (jika haid terjadi diluar siklus normal)
    5. Gangguan lain berhubungan dengan haid :
    - Dismenore (nyeri bila haid)
    - Premenstrual tension (ketegangan haid

    Penyebab dari gangguan biasanya dipicu oleh gangguan hormonal akibat stres, depresi, penurunan berat badan berlebihan, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit. Selain itu dapat disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi atau penyakit lainnya.

    Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh pola hidup sehat. Namun, jika berlangsung lama sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter spesialis kandungan.

    Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan haid sebagai berikut:
    1. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
    2. Menghindari aktivitas fisik yang berlebihan
    3. Menghindari stres
    4. Olahraga teratur
    5. Menghindari minuman beralkohol

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?