Profile
Kehamilan Ektopik

haid setelah berhubungan badan apakah hamil?

haid setelah berhubungan badan apakah hamil?

Dok begini, istri saya haid setelah berhubungan badan tetapi setelah haid itu dia belum haid sampai sekarang, dia sekarang selama 2 bulan belum haid, apakah bisa di nyatakan hamil

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Bila keluar darah saat berhubungan bisa karena efek gesekan saat berhubungan seksual atau bisa juga memang darah haid bila menjelang waktu haid berhubungan seksualnya. Dan bila sudah 2 bulan tidak haid maka sebaiknya istri anda melakukan test pack untuk memastikan kehamilan atau tidak, biasanya kadar beta hcg sudah dpat terdeteksi oleh alat bila sudah 2 bulan tidak haid. Akan tetapi bila hasilnya negatif, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk cari tahu penyebab kenapa tidak haid 2 bulan.

    Terimakasih

  • Selamat siang,

    Pada dasarnya menelan sperma tidak mengakibatkan kehamilan, namun tidak dapat menghindarkan dari peluang terinfeksi virus atau bakteri yang dapat menular. Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual (masuknya penis kevagina) atau keadaan dimana sperma dapat mengalir kedalam liang vagina.

    Di udara terbuka, sperma hanya bertahan dalam waktu 20 menit hingga 1 jam, namun umumnya bertahan hidup rata- rata hanya 3 menit. Waktu tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan dan paparan udara. Namun masa hidup sperma dapat menjadi lebih panjang hingga mencapai 48 jam jika dikeluarkan dalam lendir vagina wanita, terutama bila wanita tersebut sedang dalam masa subur . Dan juga jika cairan semen telah mengering, maka tidak akan mengandung sperma yang aktif lagi.
    Oleh sebab itu dapat dikatakan jika sperma pasangan anda yang telah tertelan di dalam sistem pencernaan tentunya telah mati.

    Kehamilan terjadi jika terjadi pertemuan antara sel telur dan sperma. Hal itu dimungkinkan jika hubungan seksual dilakukan melalui vagina.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Selamat siang,

    Untuk memastikan kehamilan, disarankan untuk melakukan tes kehamilan dengan test pack. Bila hasil negatif, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab keterlambatan haid.

    Keterlambatan haid yang tidak disebabkan oleh kehamilan biasanya adalah ketidakseimbangan hormon. Pemicunya adalah stress, aktivitas berlebihan, kelelahan, penurunan berat badan drastis dan pengunaan alat kontrasepsi. Penyebab lain dapat disebabkan oleh adanya gangguan/penyakit pada sistem reproduksi anda ataupun penyakit sistemik lainnya.

    Biasanya gangguan haid seperti ini berlangsung hanya sementara. Namun bila gangguan haid berlangsung lama, sebaiknya Anda memeriksakan diri kedokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab atas keluhan Anda dan mendapatkan terapi yang tepat.

    Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan menstruasi Anda :
    1. Olahraga yang teratur
    2. Istirahat yang cukup
    3. Mengganti alat kontrasepsi
    4. Kelola stress dengan baik
    5. Lakukan pengobatan jika anda memiliki masalah pada organ reproduksi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Lupus adalah penyakit auto imum yang memiliki beberapa gejala seperti persendian bengkak, demam dan kelelahan. Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan