Profile
Alzheimer

gejala sering lupa atau alzheimer ?

gejala sering lupa atau alzheimer ?

sok, saya ingin bertanya. saya serig mengalami kelupaan dan tidak sama sekali mengingat kegiatan sebelumnya yang sdh terjadi, misal pada pukul 07.00 saya menaruh box diatas meja setelah itu pukul 07.05 sayang benar-benar tidak bs mengingat apa yang dilakukan 5menit yang lalu. apakah itu bisa disebut sebagai alzheimer ??

Answers

1 answers

  • Selamat Pagi,

    Gejala mudah lupa di usia yang relatif muda mempunyai istilah medis yang dikenal dengan nama Short Term Memory Loss atau Short Memory Syndrome (SMS). SMS membuat penderitanya melupakan tindakan yang baru saja dilakukan maupun hal lain yang baru saja terjadi dalam sekejap. Kondisi orang dengan SMS , SMS disebabkan oleh adanya penurunan daya ingat sehingga penderitanya langsung menghilangkan rekam infomasi yang diterima memori otak.

    Beberapa pemicu munculnya kondisi ini atau penyebab pikun antara lain :
    Adanya teknologi masa kini yang semakin canggih sehingga otot dan otak tidak lagi digunakan secara maksimal sehingga daya ingat pun menurun.
    Adanya beban kerja yang tinggi di usia muda.
    Peredaran darah ke otak yang terganggu.

    Daya ingat yang menurun juga dapat muncul karena faktor traumatis maupun non-traumatis. Faktor traumatis dapat berupa trauma yang muncul di kepala akibat pernah terbentur dengan keras. Sementara faktor non-traumatis muncul akibat adanya pembuluh darah yang terganggu walaupun tidak pernah terbentur apapun. Jika seseorang pernah keracunan makanan maupun minuman, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, serta adanya penyakit yang berhubungan dengan kepala serta aliran darah ke otak.

    SMS dapat dicegah dengan memiliki banyak asupan makanan bergizi dan memperbaiki pola makan. Pola makan yang teratur dengan makanan-makanan yang tidak mengandung monosodium glutamate atau MSG adalah kunci yang akan membantu membersihkan aliran darah menuju otak yang sangat berperan penting dalam kekuatan memori.

    Hindari juga makanan yang termasuk junk food dan mengandung kolestrol tinggi. Kolesterol yang berlebihan menghambat peredaran darah ke otak. Untuk mengeliminasi kolesterol jahat yang sudah terlanjur ada di dalam tubuh, lakukan olahraga secara teratur, seperti senam maupun jalan kaki.

    Untuk terus menstimulasi dan memfungsikan otak secara aktif dengan melakukan permainan seperti catur, puzzle, dan teka-teki silang. Walaupun seseorang telah terkena SMS, jenis-jenis permainan tersebut masih dapat dilakukan untuk peningkatan daya ingat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Alzheimer ?
Ask Doctor
Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak