Profile
Kesehatan Bayi

Frekuensi BAB bayi 3 bulan

Frekuensi BAB bayi 3 bulan
East Jakarta, East Jakarta City, Special Capital Region Of Jakarta, Indonesia

Siang Dok, Dok, frekuensi BAB bayi umur 3 bulan berapa kali sehari yang normalnya? Anak saya dalam sehari bisa 3-4 kali BAB apakah masih batas wajar, dan sekarang pun sedang batuk pilek. Apakah pengaruh dari obatnya dok? Untuk info anak saya sudah tidak asi ekslusif dok.

Answers

1 answers

  • Selamat sore dina juliandini

    Frekuensi BAB normal pada anak usia 0-6 bulan yaitu 1-7 kali sehari atau bahkan hanya 1-2 hari sekali. Dengan catatan berat badan bayi terus bertambah sesuai grafik normal yang tertera pada Kartu Menuju Sehat/KMS. Jadi apa yang terjadi pada anak anda masih tergolong wajar.

    Jika yang terjadi sebaliknya, anak anda harus menjalani pemeriksaan dokter. Frekuensi BAB tidak normal yaitu setelah 2 hari tidak BAB atau BAB tiga hari 1 kali. Jarang bab pada bayi bisa disebabkan karena asupan asinya atau makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Kondisi ini perlu dikonsultasikan pada dokter. Biasanya dokter akan melihat kondisi perut bayi, kembung atau tidak, keadaan feses, berat badan, dan tumbuh kembang bayi.

    Pengaruh obat batuk dan pilek tidak signifikan terhadap bab bayi. Apabila bayi sedang batuk pilek maka kemungkinan nafsu makannya menurun sehingga kemampuan minum asinya (atau minum susu formula karena anak ibu tidak asi eksklusif) akan berkurang sehingga wajar babnya juga jadi berkurang.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Diare lazim dialami oleh anak-anak, khususnya anak-anak yang berada di bawah usia lima tahun. Disebut diare jika anak mengalami buangair besar yang lebih encer dan sering Cegah Dehidrasi Pada Anak yang Diare Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja