Profile
Bayi

Frekuensi BAB bayi 3 bulan

Frekuensi BAB bayi 3 bulan
Jakarta

Anak sy usia 3 bln, sejak lahir sampai usia 2 bln frekuensi BAB normal antar 1 s/d 2 kali sehari. Bayi sy full ASI. Saat usia 2 bln, frek nya mulai berubah jd seminggu sekali. Minggu prtama anak saya tidak BAB seminggu, oleh dokter diberi microlax, sehingga pup nya bisa keluar. Selain itu anak sy disarankan diberi air putih untuk membantu pencernaanya, tp sy tdk beri krn anak sy minum ASI nya banyak, kurleb 750-850 ml/hari, dan sy berkomitmen untuk ASI eksklusif. Setelah itu anak sy tdk BAB lg selama 5-7 hari. Dan frek BAB nya jd seminggu sekali,n kentutnya pun bau sprt org dewasa. Setelah 4 minggu seperti itu sy ke dokter lg imunisasi plus konsul, kali ini dngn dokter yang berbeda, diresepkan probiotik L-BIO, untuk membantu pencernaanya. stlh diberi probiotik tersbut, tdk lama anak saya BAB, dan keesokan harinya BAB nya menjadi 5 x sehari, setiap sehabis minum ASI, anak sy langsung BAB. Sdh hmpr seminggu ini BAB 3-5x sehari, pdhl L BIO nya tdk sy ksh lg. Apakah hal tersebut normal?

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Bayi dengan ASI eksklusif yang berusia 0-3 bulan akan mengalami BAB rata-rata 4 sampai 10 kali sehari. Hal ini wajar terjadi karena bayi belum mempunyai kemampuan untuk mengontrol sistem pencernaannya. Apakah bentuk kotoran bayi anda normal? Apakah terdapat lendir atau darah pada kotoran bayi anda?

    Bila tidak ada, tidak ada yang perlu dirisaukan selama BAB bayi Anda tidak bercampur dengan darah atau lendir, masih ada ampasnya, dan tidak demam. Segera bawa ke dokter jika BAB bayi Anda hanya berupa air saja, disertai darah atau lendir, serta demam dan rewel sepanjang hari.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?