Profile
Menstruasi

flek setelah keguguran

flek setelah keguguran
Bandung

malam dok, beberapa waktu lalu saya mengalami keguguran,kurang lebih 2 mingguan sampe skrang,jadwal haid saya sekitar tanggal 20an,yg saya mau tanyakan setiap kalo foreplay dengan suami suka keluar flek dari kemaluan saya,apa itu tanda saya mau haid atw apa? mohon penjelasannya,thx

Answers

4 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Kurang jelas data yg ibu berikan, kapan kegugurannya, dikuret ato tdk? Sebaiknya usg transvaginal utk evaluasi rongga rahim/endometrium nya

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Apakah sudah periksa ke dokter dan dinyatakan rahim telah bersih? Kemungkinan bila belum ada sisa akibat keguguran.

  • saya keguguran tidak dikuret,saya rasa waktu karena kondisi fisik saya lemah,maaf dok saya lupa persisnya tanggal berapa,cuma waktu itu pas saya jongkok mau buang air jabang bayinya keluar tiba2 dari kemaluan saya,tidak terasa sakit.lalu beberapa hari kemudian keluar juga dari kemaluan saya sepertu darah yg mengeras sebesar 2x ibu jari,sampai saat ini saya belum cek up lagi dok..

    mohon penjelasannya dok

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Keguguran adalah kondisi kematian fetus atau janin, sebelum mencapai usia 20 minggu kehamilan.

    menyebabkan keguguran, yaitu :
    Infeksi virus
    Infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes)
    Infeksi mulut rahim atau rahim,
    Infeksi secara umum, misalnya typus
    Kelainan rahim, misalnya miom
    Penyakit yang di derita oleh ibu hamil, misalnya diabetes
    Autoimun pada tubuh ibu hamil, karena darahnya mudah membeku

    Umumnya, keguguran ditandai dengan rasa mulas dan perdarahan yang terjadi secara bersamaan. Jika perdarahan tidak disertai rasa mulas, kondisi tersebut belum tentu dikatakan dengan keguguran. Adapun faktor lain yang bisa memicu keguguran, misalnya:

    Usia ibu hamil
    Sebaiknya Anda mengandung sebelum usia 30 tahun, atau maksimal sebelum usia 35 tahun, karena setelah melewati usia tersebut kandungan Anda akan semakin rawan mengalami keguguran, terutama setelah usia 40 tahun.

    Gaya hidup tidak sehat
    Misalnya merokok, konsumsi alkohol maupun penggunaan obat-obatan terlarang.

    Pekerjaan berisiko
    Misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia, bisa meningkatkan potensi keguguran. Bukan berarti wanita dilarang bekerja saat hamil, justru dr. Handi Suryana, SpOG menyarankan ibu hamil untuk bekerja karena terbukti baik untuk kesehatannya.

    Keguguran dapat dicegah dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda bahkan sejak sebelum kehamilan dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang sakit, terutama bagi ibu hamil yang berusia muda, agar tidak tertular infeksi penyakit.

    Untuk mengatasi keguguran, sebaiknya yang anda lakukan adalah ke dokter kandungan biasanya akan mengosongkan rahim untuk membersihkan pendarahan melakui kuretase yang bisa dilakukan dengan cara vakum atau penyedotan maupun dengan cara pengerukan untuk ibu hamil yang berusia lebih tinggi.

    Keguguran akibat infeksi yang belum diobati secara tuntas, kemungkinan bisa berpengaruh pada kehamilan berikutnya hingga menyebabkan terjadi keguguran berulang.

    keluarnya darah kecoklatan bisa karena Tanda awal menstruasi, Sisa darah paska keguguran, Infeksi rahim, Infeksi menular seksual, Iritasi vagina. Keluar lendir coklat belum tentu menandakan adanya sesuatu yang berbahaya.Anda perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis penyebab keluhan Anda. pemeriksaan seperti USG, tes spekulum, papsmear dll untuk mendapatkan informasi akurat mengenai kesehatan organ intim Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui