Profile
Kesehatan Seksual

efek samping dari cryoterapi iva

efek samping dari cryoterapi iva

Apakah ada efek samping cryoterapi iva? Krn semenjak ikut terapi, setiap 1 jam atau 2 jam keluar cairan seperti kencing tp dalam jumlah sedikit. Saya merasa tidak nyaman bekerja di kantor krn harus menggunakan pembalut terus. Umur saya 35, sudah 2 thn menikah dan belum punya anak. Mohon penjelasannya krn saya sangat kuatir

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Cryotherapy adalah suatu metode terapi menggunakan nitrogen cair (sangat dingin) untuk menghancurkan sel prekanker pada serviks. Serviks merupakan bagian terbawah dari rahim yang membuka ke vagina. Apabila sel-sel tidak sehat dihancurkan dengan cryotherapy maka diharapkan tubuh akan berusaha meregenerasi dengan sel yang sehat.

    Efek samping yang umum dialami saat cryotherapy adalah mengalami kramperut saat prosedur dilakukan serta mengalami pusing sesaat pasca prosedur. Efek samping lain yang dapat terjadi yakni:
    - perdarahan vagina
    - infeksi
    - pingsan
    - apabila ada riwayat radang panggul sebelumnya (pelvic inflammatory disease) maka dapat menyebabkan kambuhnya gejala
    - sensasi dingin namun terbakar atau panas pada vagina

    Namun, apabila anda mengalami keluarnya cairan pervaginam yang tidak biasa, berubah warna, berbau, disertai dengan demam, menggigil, nyeri perut maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan kembali. Keluarnya cairan dari vagina yang anda alami kemungkinan besar adalah efek samping dari cryotherapy dan perlu evaluasi lebih lanjut dari dokter kandungan anda.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan