Profile
Kontrasepsi

EFEK KB SUNTIK 1 BULAN

EFEK KB SUNTIK 1 BULAN
Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia

Sore dok, 2 Bulan yang lalu saya keguguran, Dr nyaranin saya buat KB dulu 1 bulan,saat KB 1 bulan itu aku ngeflek, sekarang sudah lepas KB, tapi Mensturasiku kok tetep flek ya dok,gak ada keluar darah segar gt...cuma flek2 coklat saja, apa itu normal?saya harus gimana ya dok?makasih...

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Kemungkinan tidak cocok dengan KB tersebut. Baik konsultasikan kembali dengan dokter kandungan.

  • sempat ke spesialis saat flek dalam kurun waktu KB itu, katanya itu efek KB,tapi sudah 2 bulan masih saja mens nya flek, apa ada hubungan nya dengan keguguran 3 bulan lalu dok?

  • dok saya juga bertanya soal telat KB, tapi saat masa telat saya berhubungan dengan suami, apakah saya akan hamil?

  • Selamat siang,

    Melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi memiliki peluang untuk hamil. terlebih bila dilakukan pada masa subur. Untuk memastikannya Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack, pemeriksaan darah atau USG kehamilan.

    Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mendeteksi apakah urin yang Anda mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

    Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid. Pada beberapa testpack yang memiliki sensitivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian testpack ada yang bisa dilakukan secepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

    Alat test pack dengan sensivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan kapan saja tidak sebatas pagi hari. Bacalah petunjuk pemakaian yang tertera pada alat sebelum melakukan test pack. Pastikan sampel urine dan penampungnya tercemar oleh substansi lain, seperti air dan sabun.

    Jika hasil tes negatif, berarti Anda tidak hamil. Namun untuk memastikan Anda dapat mengulang nya seminggu kemudian. Bisa jadi tes pertama tersebut terlalu dini dilakukan. Segera berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, jika hasil tes masih negatif, namun menstruasi masih belum datang juga.

    Jika hasil tes positif, berarti Anda hamil. Segeralah memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga janin tumbuh sehat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    KB Suntik adalah salah satu metode Mencegah Kehamilan yang saat ini banyak digunakan di negara-negara berkembang. KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga sulit untuk ditembus oleh sperma untuk pembuahan. Jenis Alat Kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan bisa dicegah.KB suntik merupakan Suatu metode dari kontrasepsi yang diberikan melalui suntikan. Ini merupakan metode yang mendapatkan peminat yang paling tinggi karena dianggap sebagai cara yang aman, lebih efektif, lebih simpel.


    Jenis Suntik KB dibagi menjadi jenis, yaitu:

    KB Suntik 3 Bulan,
    KB Suntik 1 Bulan

    kelebihan kb suntik adalah metode kontrasepsi hormonal efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Memberikan kenyamanan kepada pasangan suami istri, karena dengan satu kali suntikan anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi selama 1 sampai 3 bulan, sesuai dengan jenis Suntik KB yang anda pilih. Anda dan pasangan bisa lebih spontan dalam berhubungan intim tanpa harus khawatir menjadi hamil. Kehamilan bisa anda dapatkan kembali, setelah menghentikan penggunaan KB Suntik.

    pada beberapa kasus KB Suntik juga memberikan efek samping terutama pada awal pemakaian, yang diantaranya adalah:

    -Siklus haid menjadi tidak teratur berkepanjangan, atau bahkan anda tidak mengalami haid sama sekali, selama beberapa bulan pertama saat pemakaian atau berhenti melakukan KB suntik,
    -Beberapa ibu yang menggunakan metode KB suntik 3 bulan mengalami penambahan berat,
    -Ibu mengalami jerawat, sakit kepala, nyeri payudara, perubahan suasana hati, dan perut kembung,
    -Pada beberapa kasus, kesuburan wanita baru pulih setelah beberapa bulan menghentikan penggunaan KB suntik,
    -Penggunaan KB suntik 3 bulan memicu terjadinya osteoporosis.

    Terlambat haid atau menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan.

    Telatnya menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kelelahan atau banyaknya aktivitas, stres, kurang istirahat, pola hidup tak teratur, pola makan tak sehat yang bisa mempengaruhi hormon, dan sebagainya.

    Namun jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur, maka bukan hal yang aneh jika saat ini Anda mengalami keterlambatan haid.

    Siklus menstruasi dikatakan normal jika berada pada rentan 21-35 hari dengan lama sekitar 3-7 hari. Siklus haid yang di bawah maupun lebih dari 35 hari, dapat dikatakan siklus yang tidak teratur.

    Namun jika siklus Anda masih berada di rentang tersebut, maka tentunya masih dapat dikatakan siklus yang teratur. Adanya kemajuan dan kemunduran jika berada pada rentang tersebut, merupakan hal yang normal dan merupakan suatu variasi saja.

    sebaiknya anda melakukan test kehamilan karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kontrasepsi ?
Ask Doctor
Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui