Profile
Kesehatan Mental

dok mohon bantuannya..

dok mohon bantuannya..

Dok, saya sudah kelas 2 SMA dan masuk jurusan IPA, dan masuk 10 besar disekolah saya. Dok, saya pengen sekali bisa menjadi dokter gigi, seperti cita-cita saya sejak kecil dulu. Tapi dok, saya seorang yang penakut dan kurang aktif bergaul, saya juga lahir dari keluarga ekonomi yang sedang, ayah saya pensiun dan ibu saya pns, dok kira2 biaya masuk kedokteran tsb berapa? Terus untuk masuk dokter gigi apakah harus masuk dokter umum dahulu? Berapa lama kuliahnya dok? Apakah mental kita sangat diuji saat masuk kedokteran dok?

Answers

3 answers

  • Selamat siang, Clarissana.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Biaya masuk kedokteran gigi di tiap universitas berbeda-beda. Lulus SMA, bisa langsung kuliah di fakultas kedokteran gigi (FKG) tanpa harus masuk fakultas kedokteran (FK). Kedua fakultas ini berbeda. Lulusan FKG akan menjadi Sarjana Kedokteran Gigi (SKG), dan berlanjut menjadi dokter gigi (drg.). Sedangkan, lulusan FK akan menjadi Sarjana Kedokteran (S.Ked), dan berlanjut menjadi dokter (dr.). Lama kuliah bisa dilihat di masing-masing universitas yang dituju, biasa berkisar di rentang 4,5-5,5 tahun. Persiapan belajar yang baik, mental yang teguh, serta dukungan dari keluarga tentu saja membantu selama masa pembelajaran dan kuliah.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • Oo, begitu ya dokter.. terimakasih atas infonya..

  • Selamat siang.

    Kami hanya ingin sedikit menambahkan saja, ada beberapa artikel yang bisa menambah informasi terkait pertanyaan anda:

    http://meetdoctor.com/topic/mental-health
    http://meetdoctor.com/topic/bipolar-disorder

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mental ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? Kehamilan momen yang rentan bagi wanita, karena itu ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat Antibiotik pada Kehamilan