Profile
Diare

Diare, mual, dan sendawa bergas

Diare, mual, dan sendawa bergas

Dok, saya mau tnya, sudah 3 hri ini saya diare tak kunjung smbuh, smua obat sudah dmnum, dri teh pahit susu dll msh tetap diare, kemarin malam saya sempat sendawa trus, disertai gas sperti habis minum minuman bersoda, lalu tdi pagi saya muntah2 dan smua makanan yg saya makan kluar dalam keadaan msih utuh, tp saat b.a.b makanan itu tidak ad yg kluar, melainkam hanya cairan dan berbusa, warna pucat, itu kenapa ya dok?

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Dari gejala yang anda keluhkan kaemungkinan anda menderita gastroenteritis akut atau bahasa awamnya disebut dengan muntaber (muntah dan berak). Gejala gastroenteritis adalah gejala mual dan muntah yang disertai BAB yang cair, kram perut, demam, nafsu makan berkurang. Gastroenteritis akut dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, dll.

    Terapinya bersifat simtomatis. Untuk mual muntahnya bisa diberikan obat anti muntah. Untuk diarenya bisa diberikan terapi terapi rehidrasi (mengembalikan cairan tubuh yang hilang) baik secara oral (minum air putih disertai oralit) atau bila perlu secara parenteral (cairan infus), pemberian suplemen zinc, pemberian probiotik, atau bila dicurigai karena infeksi bakteri maka diberikan antibiotik.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan