Profile
Diare

DIARE LEBIH DARI 2 MINGGU

DIARE LEBIH DARI 2 MINGGU

Siang dokter, sy mau konsul tentang anak saya usia 1th 8 bulan sdh hampir 3 minggu diare (tanpa muntah, tanpa demam, tanpa rewel, tdk menunjukkan dehidrasi). Sudah 3x ke SpA resepnya selalu sama karena dibilang tdk mengkhawatirkan. minggu pertma frekuensinya bisa sampai lebih dr 8x, minggu kedua 5-6x, minggu k3 4-5x. Minggu ini obatnya dr dokter habis, saya ndak tega klo dapat antibiotik lagi. sdh 3x lab feses, hasil 2x lab sama lembek dan terdapat lendir dan sisa makanan, lab terakhir lembek, terdpt sisa makanan. Apa yg harus sy lakukan dokter, sdh pernah konsul dg dokter lain hanya suruh melanjutkan aja obat nya dan kontrol lagi. Mohon bantuannya. Trimakasih

Answers

1 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Siang.

    Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan, antara lain:
    - Infeksi parasit, bakteri, atau virus. Bayi dan balita yang banyak menyentuh benda yang belum tentu bersih akan rentan terinfeksi karena sering memasukkan tangannya yang kotor ke mulut. Selain itu, kekebalan tubuh mereka yang masih dalam tahap berkembang juga membuat mereka lebih rentan tertular penyakit.
    Keracunan makanan.
    - Terlalu banyak mengonsumsi jus buah.
    - Alergi terhadap obat-obatan tertentu.
    - Alergi terhadap makanan tertentu.
    - Bayi yang sudah bisa mencerna makanan padat dan sedang mengalami diare sebaiknya untuk sementara menjauhi makanan yang berminyak, yang berserat tinggi, yang manis seperti kue dan produk-produk susu. Ini karena jenis makanan tersebut dapat memperburuk gejala diare mereka.

    Memang dalam penanganan untuk diare tergantung dari penyebab diare tersebut. dalam hal ini, jika anda sudah melakukan pengobatan oleh dokter anak dan sudah ada perubahan dan tidak ada tanda mengkhawatirkan, maka tentunya anda tidak perlu cemas. adanya perubahan frekuensi dari BAB pada minggu ketiga nya sudah menunjukkan bahwa si kecil sudah tidak terlalu sering mengalami BAB. untuk itu jika masih ada obat yang belum habis, ada baiknya habiskan obat tersebut sambil anda mengawasi si kecil agar ia tidak jatuh ke dalam dehidrasi. Namun jika keluhan ini terus terjadi dan bahkan frekuensi BAB nya semakin sering, ada baiknya untuk berkonsultasi kembali kepada dokter spesialis anak agar dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjutnya selainnya dari pemeriksaan feses si kecil.

    Berikut terdapat informasi seputar diare pada anak :
    http://meetdoctor.com/article/bayi-diare
    http://meetdoctor.com/article/cegah-dehidrasi-pada-anak-yang-diare

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?