Profile
Diare

diare berlendir

diare berlendir

Dok anak sy umur 19 bln,,,,3 ha ri yg lalu panas,,sy kasi obat hufa..... yg ibuprofen,,,besokx anak sy diare dan keluar ruam merah2 di badanx,,,,sy baca ternyta efek samping dari obatx,jd sy stop obatx,,besokx anak sy masih tetep diare sampek skrg,,,,fesesx itu berlendir,,,dan pagi tadi warna hijau berlendir dan baux,,,gmn ya dok ,,padahal sdh sy kasi obat kaolin pectin dr kemaren sore,,,kalo makan minumx masih mau,,, Mohon penjelasanx dok,,,soalx sy takut

Answers

2 answers

  • Selamat pagi, saya memahami kekhawatiran dan ketakutan ibu.
    Beberapa hal yg perlu ibu ketahui bahwa penyebab utama 90% dr diare pada anak adalah krn bakteri dan parasit, sisanya bisa diakibatkan oleh intoleransi makanan / susu, dan juga obat2an. Pada diare yg bercampur dengan lendir seringkali disebabkan oleh bakteri ataupun parasit yg bersifat invasif atau menyerang mukosa usus. beberapa parasit atau bakteri penyebab antarai lain e. Coli, shigella dll. Perlu dipikirkan keperluan penggunaan antibiotik utk membunuh dan menekan pertumbuhan bakteri atau parasit tsb. Jadi kami sarankan ibu utk membawa anak ibu ke dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yg tepat.
    Komplikasi yg cukup berbahaya dr diare akut adalah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan, hal ini ditandai dgn BAK yg berkurang, anak sering haus atau bahkan anak malas minum dan terlihat lemas, menangis tidak keluar air mata, kulit tampak keriput dan kaki tangan teraba dingin lembab, jika kondisi ini terjadi harap segera bawa anak ke rs terdekat utk mendapatkan perawatan. Namun dr yg ibu ceritakan, anak ibu masih mau makan dan minum merupakan pertanda yg baik bahwa anak anda tidak mengalami dehidrasi.
    Sesuai dengan panduan penanganan diare cair akut pada anak oleh WHO, penggunan kaolin pectin tidak termasuk dalam rekomendasi. Direkomendasikan utk mencukupi kebutuhan cairan anak melalui makan minum, air sayur, buah2an atau oralit dan penggunaan zink. Pastikan bahwa anak anda terhindar dr dehidrasi dan kami sarankan utk menghubungi dokter terdekat guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yg tepat.
    Semoga jawaban ini bermanfaat, salam sehat selalu.

    Dr. Nuzula

  • Salam Sehat
    Terdapatnya lendir dan bau kotorannya cenderung lebih "tengik" biasanya disebabkan oleh bakteri/parasit. Obat kaolin pectin yang telah dikonsumsi hanya bersifat memadatkan kotoran, tidak membunuh kuman tersebut, sehingga biasanya keluhan masih menetap, bahkan bisa lebih parah. Dikarenakan diare merupakan salah satu mekanisme manusia "membersihkan" racun atau tanda dari masalah yang terjadi pada usus, dengan memperlama waktu transitnya kotoran di usus, pada kondisi tertentu malah dapat menyebabkan keadaan penyakit pasien semakin berkembang.
    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak