Profile
Diabetes

Diabetes di usia muda

Diabetes di usia muda
Jakarta

Selamat siang dok,, saya mau tanya dok. saya cek lab dan hasil GTT puasa saya 144 normal nya dibawah 100, dan GTT 2 jam 301 sedangkan konrmal nya di bawah 140. apakah sudah dikategorikan DIABETES atau warning gejala diabetes? terimakasih

Answers

5 answers

  • dr. Riyan Wahyudo dr. Riyan Wahyudo Dokter Umum

    Selamat Siang Ibu Ina Anastasia

    Diagnosis klinis Diabetes Melitus umumnya akan dipikirkan bila ada keluhan khas DM berupa poliuria (banyak kencing, polidipsia (rasa haus terus menerus), polifagia (rasa lapar berlebihan), lemah, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya. Keluhan lain yang mungkin dikemukakan pasien adalah kesemutan, gatal, mata kabur dan impotensi pada pasien pria, serta pruritus vulvae pada pasien wanita.

    Jika keluhan khas, pemeriksaan glukosa darah sewaktu lebih dari 200 mg/dl sudah cukup untuk menegakkan diagnosis DM. Hasil pemeriksaan kadar glukosa darah puasa lebih dari 126 mg/dl juga digunakan untuk patokan diagnosis DM. Untuk kelompok tanpa keluhan khas DM, hasil pemeriksaan glukosa darah yang baru satu kali saja abnormal , belum cukup kuat untuk menegakkan diagnosis klinis DM. Diperlukan pemastian lebih lanjut dengan menddapatkan sekali lagi angka abnormal, baik kadar glukosa darah puasa , kadar glukosa darah sewaktu pada hari yang lain, atau dari hasil tes toleransi glukosa oral (TTGO) yang abnormal.

    Terima kasih sudah menggunakan layanan Meetdoctor, semoga bermanfaat.

    dr. Riyan W

    >>

  • itu pertama kali saya cek gula dok. apakah saya harus langsung ke bagian penyakit dalam atau saya rubah pola hidup saya dengan lebih sehat?
    karena saya tergolong obesitas dok

  • dr. Riyan Wahyudo dr. Riyan Wahyudo Dokter Umum

    Apakah keluhan khas gejala diabetes melitusnya ada?
    Untuk memastikanya sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter sekaligus memerisakan kembali kadar gula darah anda.

    Terlepas Ibu Ina terdiagnosis Diabetes melitus atau bukan tentunya pola hidup sehat sangat penting, apalagi ibu tergolong obesitas yang merupakan faktor resiko Diabetes Melitus.

    >>

  • kalau dari keluhan yg dokter sebutkan si tidak ada dok. haus, lapar dan buang air kecil masih dalam batas normal.

  • dr. Riyan Wahyudo dr. Riyan Wahyudo Dokter Umum

    Jika keluhan gejala khas untuk Diabetes Melitus tidak terdapat pada ibu Ina, maka sebaiknya ibu memeriksakan diri kedokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan kembali agar dapat memastikan diagnosis Diabetes Melitus.
    >>

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Kepala terasa berputar menjadi pertanda vertigo, lakukan langkah ini untuk mengatasinya Kepala Terasa Berputar? Waspada Penyakit Serius Kejang demam biasa terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun Cara Mencegah Kejang Demam Pada Anak