Profile
Diabetes

diabetes

diabetes

bagaimana simpto gejala diabetes?

Answers

1 answers

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat siang...
    Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah (gula darah) atau hiperglikemia yang disebabkan karena gangguan sekresi insulin, gangguan kerja insulin.
    Ada dua tipe DM:
    -DM tipe I, faktor risikonya adalah genetik, terjadi pada anak-anak/ remaja. Kerusakan sel-sel beta pankreas sehingga terjadi gangguan produksi insulin akibatnya sel tidak bisa menyerap glukosa dari darah.
    -DM tipe II, faktor risiko untuk terkena DM tipe II ini adalah genetik, gaya hidup yang tidak sehat atau kegemukan/ obesitas, pada usia dewasa/ diatas 40 tahun.
    Gejala pada penderita DM antara lain:
    -sering merasa lapar dan haus, sering buang air kecil, mudah capek dan lelah, tidak bertenaga, kesemutan ditangan dan kaki, penurunan berat badan, pada keadaan lanjut dapat terjadi gangguan penglihatan.
    DM tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikontrol dengan mengontrol gula darah. Pada penderita DM diperlukan kontrol jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya, konsumsi obat diabetes.

    Semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Croup adalah suatu kondisi pembengkakan dan iritasi saluran napas atas. Kenali gejala dan cara pengobatannya. Mengenal Batuk Croup pada Anak-Anak Diet ketogenik adalah diet yang memperbanyak konsumsi lemak dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan protein. Ada kelebihan dan kekurangand dari diet ini. Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik?