Profile
Kesehatan A-Z

Dada berasa Nyesek

Dada berasa Nyesek
Medan

Siang Dok. Baru tadi pagi, dada saya sebelah kiri kok besara nyesek banget yah..?? Setiap kali mau bernafas, rasanya nyelekit. Biasanya sih pernah beberapa kali seperti ini. Tapi hanya sebentar saja. Namu tadi pagi kok agak lama yah nyeseknya. Apa lagi ketika merenggangkan badan saya ke kanan dan ke kiri. Kenapa yah Dok. Apa ada kaitannya dengan jantung atau yang biasa disebut dengan Angin duduk. Karena tiap hari kerja saya duduk aja di depan monitor kantor. Dan apa yang harus saya lakukan untuk menghindari ini kedepannya...?? Terima Kasih.

Answers

3 answers

  • User

    siang,
    Bisa saja otot dada anda megalami ketegangan akibat salah posisi tidur. kalau ada berdebar-debar dan keringat dingin bisa saja jantung. Oleskan balsam atau counterpain gel di area dada anda sambil regangkan dada. Bila masih berlanjut baiknya konsul langsung ke dokter. Semoga membantu.

  • Thanks Dok.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Sesak nafas yaitu perasaan sulit bernapas yang biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas fisik. Sesak napas adalah suatu gejala dari beberapa penyakit yang dapat bersifat kronis.

    Namun jika sesak nafas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka bisa disebabkan oleh:

    Pilek.
    Alergi.
    Asma.
    Anemia.
    Sinusitis.
    Tuberkulosis.
    Tekanan darah rendah.
    Patah tulang rusuk.
    Keracunan karbonmonoksida.
    Pneumonia (paru-paru basah).
    Kanker paru-paru.
    Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
    Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, atau aritmia jantung.

    Dari kondisi yang telah disebutkan di atas, penyebab umum yang kerap memicu kondisi sesak nafas adalah asma, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung. Sesak nafas yang disebabkan oleh kondisi tersebut biasanya berlangsung dalam jangka panjang.

    Apabila anda mengalami sesak nafas, maka hal itu harus segera mendapat perhatian hal itu dikarenakan sesak napas menyebabkan rasa yang tidak nyaman karena sulitnya bernafas sehingga tubuh kurang mendapatkan oksigen, dan yang terburuk dapat menyebabkan kematian.

    Bila anda mengalami gangguan pernafasan, berikut beberapa tips buat anda.

    Pernafasan perut Berbaring dengan enak dan letakkan bantal di bawah kepala. Tekuk lutut dan rilekskan perut.
    Tekan perut dengan satu tangan perlahan tetapi cukup keras untuk menciptakan tekanan. Letakkan tangan lain di dada.
    Lalu bernafaslah perlahan dari hidung dengan menggunakan otot-otot perut lalu bernafas melalui perut.

    mengatasi sesak nafas yang paling cepat adalah berada pada lingkungan hijau dan lapang. Jika tidak memiliki kemampuan untuk sering pergi keluar kota, ke gunung atau laut, tanamlah pohon berdaun hijau lebat di sekitar tempat tinggal yang akan memproduksi banyak oksigen dan menyerap polusi. Setiap saat menemukan lingkungan hijau dan bersih, berjalan kakilah dan hirup udara dalam-dalam.

    Mengelola emosi sangat penting untuk menyembuhkan masalah pernafasan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti berpikiran positif, menghilangkan ketakutan yang tidak beralasan, bahkan sering tersenyum akan sangat membantu. Namun demikian cara mengelola emosi yang tepat hanya diketahui oleh pribadi masing-masing.

    Olahraga yang menggerakkan punggung atas dan dada sangat membantu mengalirkan darah dan energi penyembuhan. Perlu diingat jika kita merawat tubuh dan pikiran, imbal baliknya adalah kenikmatan yang tak terkira.

    Untuk mengatasi sesak napas, biasanya obat yang diberikan adalah obat-obatan yang melebarkan saluran pernapasan yang menyempit.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Ciri-Ciri Kulit Sehat Dan Tidak Sehat Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat (Dan Tidak Sehat)