Profile
Tulang, Sendi dan Otot

Cara Penyembuhan penyakit Hernia Nucleus Pulposus (HNP) ?

Cara Penyembuhan penyakit Hernia Nucleus Pulposus (HNP) ?
Jakarta

Dok, 1 Tahun yang lalu saya di diagnosis sakit Hernia Nucleus Pulposus (HNP) setelah pemeriksaan dengan MRI , saya sudah menjalani terapi (tarik, laser, getar, sinar panas) dan saya juga pernah di suntik cairan di bagian tulang ekor. tapi sampai sekarang saya masih merasakan nyerii dan sakit di bagian tulang belakang, tulang ekor dan juga bagian bokong. tolong diberikan solusi nya untuk sembuh dok? Terima Kasih

Answers

5 answers

  • Untuk di bagian bokong biasanya nyeri karena ototnya lemah. Itu bisa diatasi dengan stretching dan strengthening.
    Untuk menghilangkan nyerinya memang butuh waktu karena dengan adanya HNP maka saraf-saraf yang keluar dari tulang belakang akan teriritasi, sedangkan recovery saraf yang teriritasi butuh waktu.
    Anda bisa mencoba terapi conservative lain seperti chiropractic.

    Terima kasih

  • tp apakah sakit HNP itu sendiri bs sembuh ?? dan bagaimana jika penderita HNP sedang hamil? apakah mempengaruhi kehamilan?
    terima kasih

  • Selamat pagi Ibu Putri

    Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) atau yang biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan saraf terjepit terjadi karena adanya pelemahan dari 'bantalan' antar segmen tulang belakang. Bagian yang melemah ini kemudian menonjol keluar dari susunan lurus tulang belakang dan menekan susunan saraf yang terdapat di sekitar tulang belakang dan menyebabkan rasa nyeri.

    HNP bisa disembuhkan. Pengobatan HNP akan berbeda tergantung dari keparahan kondisi yang dialami. Namun, pada umumnya kondisi HNP yang belum terlalu parah akan membaik dengan terapi konservatif tanpa memerlukan adanya tindakan operasi.

    HNP tidak mempengaruhi kehamilan anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat pagi dok,
    Saya penderita HNP dan sudah di operasi laminektomi thn 2014 lalu, tetapi bisa di golongkan kurang berhasil krn hingga saat ini saya masih merasakan ba al, nyeri di paha, dan kesemutan.
    Setelah operasi , 1 bulan kemudian saya kambuh lagi dan akhirnya dokter bedah saraf memutuskan utk di blok sarafnya.

    Alhamdulilah sedikit membantu krn rasa sakit yg saya rasakan jauh berkurang dan saya dapat beraktifitas kembali.

    Saat ini saya sedang hamil 33 minggu, dan saya merasakan sakit di paha saya kembali lagi beserta rasa nyeri di pinggul, pinggang dan pantat. Dan hal tsb sangat menganggu

    Mohon infonya apakah ada gerakan atau terapi yg bisa saya lakukan sendiri di rmh utk membantu mengurangi rasa nyeri yg timbul ?

    Terima kasih

  • Selamat pagi,

    Kemungkinan besar nyeri yang anda alami diakibatkan penambahan beban (janin) yang semakin membesar dan perubahan fisiologis anatomi tubuh saat hamil. Saat hamil, tulang belakang seorang ibu akan membengkok ke depan untuk membantu menopang dan beradaptasi dengan rahim yang semakin membesar.

    Sebaiknya konsultasikan hal ini kembali ke dokter syaraf anda karena rata- rata obat penghilang nyeri yang ada beresiko jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Begitu juga dengan gerakan-gerakan yang ditakutkan akan mempengaruhi kondisi janin.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Tulang, Sendi dan Otot ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?