Profile
Bayi

Cara melatih anak mengunyah

Cara melatih anak mengunyah
Surabaya, East Java, Indonesia

Dok, bagaimana cara melatih anak agar mau mengunyah. Saat ini sikecil berusia 22 bulan dan sampai sekarang makan berat seperti nasi masih berupa bubur. Saya sudah mencoba melatihnya dengan menaikan texture yang ada dari beberapa bulan yang lalu, alhasil apapun yang disuapkan ke dia selalu ditelan, sehingga kadang2 muntah. Sebetulnya jika dibiarkan sendiri untuk makan seperti kerupuk, cookies, roti, buah agak padat dia bisa mengunyah, tp tidak sepintar anak2 diusianya.Apakah ada cara untuk dapat membantu melatihnya agar mao mengunyah? tahapan untuk nasi yang pernah saya coba adalah sampai nasi tim lembek, yang ada hanya ditelan, jika nasi dibuang ( dilepeh), sedangkan untuk daging dan sayur berserat kadang masuk ke mulut tapi tidak bisa dikunyah sampai habis dan ditelan. Mohon bantuannya dok.Terima kasih.

Answers

1 answers

  • Selamat sore

    Mengunyah makanan salah satu keterampilan makanan yang harus dimiliki balita. Keterampilan anak terdiri dari mengunyah dan menelan. Tentu saja keterampilan dalam mengunyah dan menelan pada balita membutuhkan waktu untuk membuatnya terbiasa. Adapun langkah-langkah yang dapat ibu tempuh adalah sebagai berikut:
    - Pemberian makanan secara bertahap
    - Tesktur makanan yang diberikan pada bayi bertahap dari tekstur yang lunak ke tekstur yang padat
    - Memberikan contoh kepada anak anda bagaimana kebiasaan anda makan dan mengunyah makanan. Ajak anak anda makan bersama. Seperti yang diketahui anak dalam tahap meniru, sehingga memberikannya conroh sepertibapa mengunyah dapat menstrimulasinya untuk mengunyah juga.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja