Profile
Hamil

Bolehkah masturbasi saat hamil?

Bolehkah masturbasi saat hamil?
Bali

Dear Dokter, Saya sedang hamil 3 bulan dan sekarang suami saya sedang bekerja di kapal pesiar. Kami akan berpisah selama 8 bulan. Kadang saya merasa ingin berhubungan intim tetapi tidak bisa karena suami sedang jauh. Jadi saya masturbasi sendiri. Apakah ada dampak buruk untuk kehamilan saya?

Answers

3 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Boleh boleh saja, asalkan anda dapat menjaga kebersihan tangan dan organ intim anda serta jangan lah terlalu keras juga.
    Bila tidak dapat memenuhi kriteria di atas, sebaiknya anda menghentikan kebiasaan masturbasi anda selama kehamilan terutama bila anda suka memasukkan jari atau benda lain yang tidak bersih ke dalam vagina, karena selain meningkatkan resiko infeksi pada alat kelamin juga bisa menyebar ke janin dan meningkatkan resiko keguguran.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Saya hanya menggesekkan kemaluan dengan bantal, tidak memegang atau memasukkan jari ke dalam vagina. Rasanya memang tidak tertahankan dok karena kondisi suami sedang jauh. Saya takut kalau akan berdampak buruk untuk janin saya.

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat sore,
    Kalau seperti itu kondisi nya hanya menggesekkan kemaluan dengan bantal, tidak sampai memegang atau memasukkan jari ke dalam vagina tidak berdampak buruk untuk janin Anda.
    Kami sarankan menggesekkan kemaluan dengan bantal jangan terlalu keras.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Diare memang terlihat sepele, namun perlu ditangani secara tepat. Berikut lima jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan diare lebih cepat. Diare? Konsumsi Makanan Ini Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam