Profile
Diabetes

biaya tes kadar gula

biaya tes kadar gula
Medan

Slmat pagi dok,, sya mw tanya, utk priksa kadar gula d dalam tubuh sakit gk y dok?? Dan kira2 brpa d prediksikn biaya nya?? Trima kasih dok...

Answers

1 answers

  • dr. Rizka Amelia dr. Rizka Amelia Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Pemeriksaan gula darah ada beberapa macam, yaitu :
    1. Tes kadar gula darah sewaktu (GDS)
    Tes ini bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, sehingga biasa dilakukan oleh orang dengan diabetes. Tes ini mengukur kadar gula darah terlepas dari kapan terakhir Anda makan. Tes GDS dilakukan secara acak dalam satu hari karena kadar glukosa darah bisa saja berubah setiap waktu pada orang dengan diabetes. Berbeda dengan orang sehat yang biasa mempunyai kadar gula darah yang tidak banyak berubah dalam satu hari.

    2. Tes gula darah 2 jam post-prandial (GD2PP)
    Tes gula darah ini dilakukan 2 jam setelah Anda makan. Tes ini berguna untuk mengetahui apakah seseorang dengan diabetes sudah tepat dengan pola makannya. Jika hasilnya tinggi, kemungkinan makanan yang Anda makan sebelumnya mengandung jumlah gula atau karbohidrat yang banyak, dan sebaliknya. Tes ini mungkin kurang tepat untuk mendiagnosis apakah Anda menderita diabetes atau tidak.

    3. Tes gula darah puasa (GDP)
    Tes gula darah ini dilakukan setelah Anda berpuasa selama 8 jam. Biasanya Anda disarankan untuk melakukan puasa pada malam hari dan pagi harinya Anda melakukan tes GDP ini. Tes GDP sering digunakan sebagai tes pertama untuk mengetahui apakah Anda menderita prediabetes atau diabetes.

    4. Tes toleransi glukosa oral (TTGO)
    Ini merupakan serangkaian tes yang dilakukan setelah Anda minum cairan manis yang mengandung gula. Tes ini biasanya digunakan untuk mendiagnosis diabetes yang terjadi selama kehamilan (diabetes gestasional). Tes ini juga bisa dilakukan setelah hamil jika wanita memiliki kadar gula darah tinggi selama kehamilan. TTGO juga bisa digunakan untuk mendiagnosis prediabetes atau diabetes pada orang sehat.

    5. Hemoglobin A1c (HbA1c) atau glikohemoglobin
    Tes ini mengukur seberapa banyak glukosa (gula) yang menempel pada sel darah merah. Tes HbA1c biasanya dilakukan pada penderita diabetes untuk mengetahui seberapa baik ia dapat mengontrol penyakitnya dalam dua sampai tiga bulan terakhir. Dari hasil tes tersebut, dokter juga dapat menentukan apakah obat diabetes Anda perlu diganti. Hasil tes HbA1c juga dapat memberi tahu berapa kadar rata-rata gula darah Anda. Tes HbA1c juga dapat digunakan pada orang sehat untuk mendiagnosis apakah ia menderita diabetes atau tidak.

    Untuk pengambilan sampel darahnya dapat dilakukan di vena di lipat siku atau di kapiler ujung jari.

    Kalau masalah biaya, tergantung dimana Anda periksa.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma