Profile
Panu (Tinea Versicolor)

bercak-bercak putih di kulit

bercak-bercak putih di kulit
Jakarta

Dok di tangan dan diperut saya baru muncul bercak-bercak putih ... apakah itu panu? Kalau panu bagaimana cara mengobatinya?

Answers

2 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Pengobatan pada kelainan kulit dilakukan berdasarkan penyebabnya dan hal ini hanya dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan langsung terhadap kondisi kulit pasien bersangkutan. Sebagai contoh, bercak putih pada kulit dapat dipicu oleh kondisi semisal VITILIGO, TINEA VERSICOLOR (infeksi jamur), PSORIASIS, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebaiknya Anda memeriksakan kondisi kulitnya tersebut ke dokter (jika memungkinkan dapat ke dokter spesialis kulit) untuk mengetahui penyebab bercak putih yang dialaminya dan mendapatkan pengobatan yang optimal.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Salam sehat,

    Bercak putih di kulit tidaklah selalu panu, untuk itu diperlukan pemeriksaan langsung untuk melihat lesi/bercak. Pengobatan yang diberikan bergantung pada penyebab timbulnya bercak tersebut.

    Beberapa penyebab bercak putih pada kulit :
    1. Pitiriasis Vesikolor
    Penyakit ini disebabkan oleh Malassezia furfur/ Pityrosporum orbiculare/ P. ovale. Pitiriasis vesikolor merupakan penyakit infeksi jamur superfisial kronis pada kulit yang ditandai dengan makula hipopigmentasi(bercak putih) dan skuama halus putih atau coklat hitam, terutama meliputi badan dan kadang-kadang menyerang ketiak, lipat paha, lengan, tungkai atas, leher, muka, dan kulit kepala yang berambut. Keluhan subyektif dari penderita biasanya tidak ada. Namun, kadang-kadang penderita merasa gatal ringan yang menjadi alasan untuk berobat. Penyakit ini sering kali dikenal sebagai Tinea Vesikolor, kromofitosis, dermatomikosis, liver spots, tinea flava, pitiriasis vesikolor, flava dan panu.

    2. Progressive Macular Hipomelanosis
    Penyakit ini seringkali ditemukan di Karibia serta Asia. Terdapat bercak putih makular yang luas dengan batas tidak tegas dan tanpa skuama, khususnya pada wanita muda. Lesi biasanya terjadi pada badan bagian depan maupun belakang. Ada penelitian yang mengatakan ada peranan dari Propionibacterium acnes dalam terjadinya penyakit ini. Selain itu, ada dugaan kelainan ini terjadi karena campuran gen kulit hitam dan putih dari orang tua penderita karena banyak dijumpai pada ras campuran.

    3. Morbus Hansen
    Morbus Hansen atau yang sering disebut dengan lepra atau kusta merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae. Tanda-tanda seseorang menderita penyakit kusta antara lain, kulit mengalami bercak putih, merah, ada bagian tubuh tidak berkeringat, rasa kesemutan pada anggota badan atau bagian raut muka, dan mati rasa karena kerusakan syaraf tepi.

    Untuk mengetahui jenis kelainan kulit, sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Untuk tambahan informasi, dapat anda buka link berikut ini :
    http://meetdoctor.com/mobile/topic/tinea-versicolor-panu
    http://meetdoctor.com/mobile/article/cara-alami-menghilangkan-panu

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Panu (Tinea Versicolor) ?
Ask Doctor

Popular Article

Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?