Profile
Kanker

berbahayakah benjolan di bagian pangkal leher samping kanan yang membesar

berbahayakah benjolan di bagian pangkal leher samping kanan yang membesar
Menado

Answers

4 answers

  • Dok, dipangkal leher sebelah kanan saya ada benjolan yang membesar dan leher, bahu saya terasa pegal, apakah ada alternatif lain selain operasi, dok? mohon advisnya dan sebelumnya saya ucapkan terimakasih TUHAN memberkati dokter.

  • Selamat pagi mbak,
    Sebelum terasa membesar apakah mbak mengalami batuk yang lama, atau infeksi pada saluran pernafasan atas dan juga tenggorokan? karena benjolan yang membesar ini umumnya disebabkan karena adanya peradangan beberapa organ tubuh disekitarnya...
    Akan tetapi ada kemungkinan juga disebabkan oleh peradangan di sekitar daerah payudara, apakah selama ini mbak ada merasakan nyeri atau teraba benjolan pada payudara anda?
    untuk memastikan penyebabnya ada baiknya mbak memeriksan diri ke dokter terdekat
    semoga bisa membantu ya...
    Terima Kasih

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Tergantung penyebabnya bu,

    Apabila dicurigai akibat tumor / infeksi kuman TBC, maka sebaiknya dioperasi untuk sekalian diperiksa secara PA (Patologi anatomi) dengan demikian akan ketahuan apa penyebab dan diagnosis pastinya.

    Bisa juga tidak perlu dioperasi bila penyebabnya diperkirakan jinak / tidak berbahaya seperti tumor jinak jaringan lunak kulit.

    Untuk membedakan jenis yang membutuhkan / tidak butuh operasi, dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    memiliki benjolan dileher memiliki banyak penyebab, penyebab benjolan pada leher atau disebut juga massa pada leher yang dapat memiliki ukuran bervariasi ada yang kecil dan ada pula yang besar sehingga mudah terlihat. Kebanyakan benjolan di leher merupakan sesuatu yang jinak (bukan kanker).

    Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan di leher:

    Kelenjar Getah Bening Penyebab benjolan di leher yang paling sering adalah pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening mengandung sel-sel yang membantu tubuh melawan infeksi (bakteri atau virus) , dan menyingkirkan sel-sel ganas (kanker) . Infeksi bakteri pada kulit kepala, sinus, amandel, tenggorokan, gigi, atau kelenjar ludah dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

    Kelenjar tiroid Penyakit autoimun, kanker , dan gangguan lain dari kelenjar tiroid , seperti gondok akibat kekurangan yodium , juga dapat menyebabkan pembesaran sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.

    Kelenjar Ludah (parotis) Pembesaran kelenjar ludah Anda dapat disebabkan oleh virus ( mumps = gondongan ) atau kanker .

    Otot leher Cedera atau tortikolis dapat menyebabkan benjolan pada otot-otot leher . Secara garis besar itulah bagian organ dan jaringan leher yang dapat membesar, karena kelenjar getah bening merupakan penyebab benjolan di leher yang paling sering, maka mari kita ketahui apa saja yang menyebabkan kelenjar getah bening itu membesar.

    Kanker. Anda berisiko tinggi memiliki benjolan yang bersifat kanker jika menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Umumnya kanker mulut, tenggorok, pita suara, dan lidah akan menyerang mereka yang meneruskan kebiasaan buruk ini. Selain itu, benjolan di leher juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengidap leukimia (kanker darah putih), kanker payudara, atau kanker paru-paru. Risiko terkena kanker akan lebih tinggi jika Anda berusia 40 tahun ke atas.

    Perhatikan apakah Anda memiliki benjolan dengan kriteria sebagai berikut:

    Tidak kunjung kempes hingga lebih dari sebulan.
    Terlihat terus membesar.
    Terasa mengeras atau tidak bergerak ketika disentuh.
    Diiringi oleh demam, sesak napas, nyeri dan sulit menelan, penurunan berat badan, peningkatan denyut jantung, suara serak, adanya darah pada air liur, atau perubahan kulit.

    Untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda miliki berbahaya atau tidak, coba perhatikan benjolan tersebut dengan saksama. Jika Anda memiliki benjolan seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya anda melakukan pemriksaan ke dokter spesialis bedah urologi untuk melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker ?
Ask Doctor
Demam pada anak bisa diatasi dengan cara alami seperti mengompres dahi anak dengan air dingin. Cara Turunkan Demam pada Anak Tanpa Obat Diet General Motor sangat mudah diikuti, hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah, serta karbohidrat kompleks. Diet General Motor, Berat Badan Turun Dalam 7 Hari