Profile
Kesehatan A-Z

Benjolan di Bagian Luar Vagina

Benjolan di Bagian Luar Vagina

saya mau nanya baru hari ini saya merasakan ada benjolan semacam bisul di dekat vagina saya. setelah saya searching ketemunya tentang kista tapi setelah saya baca lebih lanjut benjolan kista tersebut sampai ke bagian dinding dalam vagina, namun yang saya alami bukan seperti itu. hanya aja seperti benjolan bisul/bengkak/jerawat batu yang belum matang di bagian luar vagina. itu kenapa ya dan bagaimana menanganinya? tidak terasa sakit tetapi kalo dipencet rasanya seperti bengkak ditekan.

Answers

2 answers

  • Selamat malam

    Keluhan benjolan di vagina yang Anda alami kemungkinan merupakan Bartholinitis, yaitu sumbatan dan peradangan pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini menghasilkan lendir untuk lubrikasi/pelumasan vagina, terutama saat wanita terangsang secara seksual. Pada kondisi tertentu dapat terjadi sumbatan pada kelenjar Bartholin (membentuk kista Bartholin), dan bila disertai dengan infeksi disebut sebagai Bartholinitis.

    Selain dari kista bartholini, kemungkinan lain, adalah:
    - Moluskum kontagiosum. Benjolan bintil-bintil kecil yang bila dipencet keluar putih seperti nasi. Merupakan akibat infeksi virus
    - Kutil kelamin.
    - Jerawat
    - Dan lainnya.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Salam sehat,

    Benjolan pada bibir vagina dapat disebabkan oleh sumbatan kelenjar pada bibir vagina. Faktanya, tiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat dapat menyebabkan benjolan (kista) dan dapat terinfeksi jika meradang. Kondisi radang ini dapat menyebabkan kulit kemerahan dan terasa nyeri.

    Kelenjar Bartholin mengeluarkan cairan yang berperan sebagai pelumas saat berhubungan seksual. Cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar Bartholin mengalir melewati saluran langsung menuju vagina. Saluran tersumbat yang menampung kelebihan cairan kemudian berkembang menjadi kista. Kista Bartholin dapat makin membesar setelah berhubungan seksual karena penambahan cairan yang diproduksi kelenjar Bartholin saat terjadi hubungan seksual.

    Penyumbatan kelenjar Bartholin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi bakteri, iritasi jangka panjang, atau peradangan. Infeksi kista Bartholin dapat terjadi oleh bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS), yaitu bakteri Gonococcus yang menyebabkan penyakit gonore atau kencing nanah dan Chlamydia trachomatis (penyakit chlamydia/klamidia).

    Sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis kandungan atau dokter spesialis kulit kelamin untuk mengetahui jenis benjolan dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Ciri-Ciri Kulit Sehat Dan Tidak Sehat Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat (Dan Tidak Sehat)