Profile
Kolesterol Tinggi

Bagaimana menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Bagaimana menurunkan kolesterol jahat (LDL)
Surabaya

Dok, saya akhir-akhir ini merasakan keluhan nyeri dan cekot-cekot di kepala bagian bawah (tungkak) diatas leher. Kadang nyeri tersebut muncul kadang tidak. Dan kadang2 berpindah,kemarin disebealh kanan sekarang disebelah kiri. Setealha saya check up ternyata hasilnya sbb : - Uric Acid : 4,5 - Cholesterol : 292 - Trigliserida : 127 - Cholesterol HDL : 45,7 - Cholesterol LDL : 220,9 ternyata LDL saya tinggi diatas angka normal 150 Yang saya mau tanyakan adalah : 1. Bagaimana pandangan Dokter ketika melihat hasil check up saya tsb? Menurut Dokter,bagus atau tidak? 2. Saya tdk memilki faktor turunan dari keluarga utk sakit jantung,darah tinggi maupun diabetes dan obesitas. Tetapi kenapa di usia saya yg msh muda (31th) saya sdh terkena kolesterol? Pola makan saya pun balance antara karbo,protein dan vitamin.Namun memang hari-hari sebelum saya melakukan chek up saya mmg mengkonsumsi seafood dlm kuantitas yg sering (maklum ada jamuan) namun hari berikutnya saya langsung merasa nyeri tsb dikepala bagian bawah. Apakah itu hasil dari timbunan lemak yg dahulu2 atau karena saya terlalu sering konsumsi seafood akhir2 ini? 3. Obat apakah yg bisa dokter sarankan utk saya konsumsi agar kolesterol jahat saya bisa turun? kalau bisa yang herbal dok. 4. Untuk berolah raga, saya harus seberapa sering dalam seminggu? mengingat saya orangnya mobile dan hanya ada waktu luang ketika weekend saja (sabtu-minggu) Terima kasih atas respon dan waktu Dokter...

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    1. Kadar kolesterol anda memang cukup tinggi. Namun, dilihat dari kadar trigliserida yang normal, dapat saya simpulkan bahwa kemungkinan besar anda tidak menderita kegemukan / obesitas.

    2. Adalah pandangan umum yang keliru bahwa pegal-pegal di belakang kepala disebabkan oleh karena kolestrol atau gangguan pada profil lipid. Gejala tersebut biasanya berasal dari gangguan otot, sendi serta persarafan di daerah leher, bukan oleh kenaikan kadar kolesterol.

    Kadar kolesterol tinggi di usia muda tidak harus selalu diakibatkan oleh faktor keturunan, bisa juga dari pola hidup, makanan (kurang serat) sehari-hari dan kurangnya aktivitas fisik / olah raga.

    3. Silakan anda minum suplemen yang mengandung asam lemak tak jenuh Omega 3. Dari sekarang, anda pun sudah dianjurkan untuk minum obat Simvastatin 10 mg per hari.

    4. Cara alami untuk memperbaiki profil lipid dan kolestrol adalah dengan makan banyak sayur mayur, buah-buahan, dan makanan lain yang tinggi serat seperti : oatmeal, agar-agar dll. Lakukan aktivitas fisik / olah raga, 30 menit per hari, 4 kali seminggu.


    Semoga membantu. Terima kasih.

  • Terimakasih atas jawabannya Dok,kemudian ada 1 hal lagi dok..apakah dengan hasil chek up saya tsb saya beresiko terkena jantung koroner? karena saya diberi info oleh teman saya kalau LDL/HDL diatas 3 itu beresiko jantung koroner. Apakah hal tsb benar Dok? terima kasih dan Selamat siang.

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Memang betul, anda memang berisiko untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (Cerebrovascular disease /CVD).

    Untuk ratio LDL/HDL, memang sebaiknya dibawah 5. Idealnya adalah 3,5.

    Nilai ratio LDL / HDL anda = 4,9. Bila dilihat dari sini maka ratio LDL/HDL anda masih dalam batas normal, meskipun tidak ideal.

    Namun demikian, American Heart Association (AHA) lebih menganjurkan agar risiko CVD dinilai dari hasil total kolestrol saja, karena lebih representatif untuk menilai risiko CVD. Pada hasil profil lipid anda, nilai untuk kolesterol = 292 mg/dL (tinggi). Untuk itulah saya menganjurkan pengobatan Simvastatin 10 mg per hari dan suplementasi asam lemak tak jenuh Omega 3.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Kolesterol adalah sejenis lemak yang diproduksi oleh hati dan sel-sel lainnya. Kolesterol banyak terkandung didalam produk berbahan dasar susu, telur dan daging. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk agar dapat berfungsi dengan baik, contoh, membran sel membutuhkan kolesterol untuk memproduksi hormon, vitamin D dan asam empedu untuk mencerna lemak. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, akan berbahaya bagi kesehatan jantung.

    Jika kadar kolesterol tinggi, artinya ada begitu banyak lemak didalam pembuluh darah sehingga darah menjadi sulit mengalir di dalam arteri. Jantung akan kekurangan oksigen, meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Kolesterol tinggi tidak menunjukan gejala apapun. Kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL sudah masuk pada ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi.

    Faktor pemicu kolesterol tinggi adalah :
    -gaya hidup yang kurag sehat
    -Rokok Rokok menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, sehingga memperparah penimbunan lemak. merokok juga menurunkan kadar kolesterol baik.
    -Obesitas.
    -Diet yang buruk.
    -Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan produk berbahan dasar susu.
    -Jarang berolahraga.
    -Tekanan darah tinggi dan diabetes.

    Berikut adalah beberapa contoh komplikasi serius yang dapat ditimbulkan oleh kadar kolesterol yang tidak terkontrol dengan baik:
    •Penyakit jantung koroner
    Gejala PJK berbeda antara pria dan wanita namun tetap PJK merupakan pembunuh nomor satu di dunia baik untuk pria maupun wanita. Gejala umumnya antara lain: angina, mual, rasa lelah yang ekstrim, rasa sakit (di leher, rahang, abdomen bagian atas ataupun belakang), mati rasa di bagian ekstremitas.

    •Stroke
    Terjadi karena supply darah ke otak terputus akibat sumbatan yang disebabkan oleh plak. Gejalanya antara lain: kehilangan keseimbangan dan koordinasi secara tiba-tiba, pusing tiba-tiba, wajah menjadi asimetri, kebingungan, ketidakmampuan bergerak, pandangan kabur, sakit kepala hebat tiba-tiba, mati rasa di wajah dan ekstremitas terutama di salah satu sisi tubuh.

    Untuk mencegah kolesterol tinggi, disarankan untuk :
    -Olahraga secara teratur, minimal 20-30 menit sehari. Olahraga tidak perlu yang sulit; Anda bisa mengenakan sepatu yang nyaman lalu berjalan kaki keliling komplek, atau malah di rumah saja dan melakukan lompat tali atau naik sepeda. Olahraga merupakan cara yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.
    -Makan makanan yang banyak serat, omega 3, vitamin dan mineral. Semua jenis zat gizi ini baik untuk kesehatan dan bahkan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah (terutama omega 3-nya). Sumber makanan yang baik adalah putih telur, ikan salmon, ikan tuna, oat, sayuran dan buah berbagai warna serta minyak yang sehat seperti minyak kanola, zaitun, kedelai atau biji rami. Jangan terlalu banyak makan sumber lemak jenuh macam makanan cepat saji, makanan kalengan, gorengan, jeroan, kuning telur dan sebagainya.
    -Hindari merokok, karena bisa membuat kadar kolesterol baik Anda menurun. Selain itu, racun nikotin dalam rokok akan membuat resiko sakit jantung dan kanker meningkat.
    -Jika tak bertentangan dengan obat yang diminum, Anda boleh mencoba suplemen dengan kandungan tanaman yang sudah diteliti berpotensi membantu menurunkan kadar kolesterol, misalnya mengkudu. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencobanya.

    Untuk informasi tambahan mengenai cara menurunkan kolesterol dapat dilihat di :
    http://meetdoctor.com/article/cara-menurunkan-kolesterol-jahat-ldl
    http://meetdoctor.com/article/makanan-yang-bisa-menurunkan-kadar-kolesterol
    http://meetdoctor.com/article/turunkan-kolesterol-untuk-kesehatan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kolesterol Tinggi ?
Ask Doctor
osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA