Profile
Menstruasi

Bagaimana menunda haid?

Bagaimana menunda haid?
Jakarta, Indonesia

Dok, saya mau tanya. Minggu ini adalah jadwal haid saya. Beberapa hari lagi saya mau medical check up. Kalau saya minum obat primolut N apakah haid saya bisa tertunda? Efek negatifnya apa buat hasil tes medical itu kalau haid saya ditunda? Terima kasih Dok.

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Halo, selamat siang, Ibu Ismi.

    Pertma-tama saya ingin bertanya terlebih dahulu apakah ada kondisi yang mengharuskan Anda untuk minum Primolut N, misalnya periode haid tidak teratur, perdarahan yang tidak normal, dan lain sebagainya? Sebenarnya tidak ada pengaruh apa-apa terhadap medical check up. Harus dilihat juga apa saja yang diperiksa pada medical check up dan kondisi apa yang membuat Anda minum obat tersebut.

  • Periode haid saya paling mundur beberapa hari saja, dan mundurnya mungkin karena saya sedang ada pikiran. Untuk pendarahan dan lain sebagainya normal dok. Saya kalau lagi haid juga tidak sakit. Untuk medical beberapa ada tes urine dan tes darah. Saya takut kalau sedang haid mempengaruhi hasil tes urine. Dan kalau minum obat semacam Primolut N bisa mempengaruhi hasil tes darah. Jadi apakah haid saya bisa ditunda dok? Dengan cara apa kalau bisa? Terima kasih

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Primolut bisa untuk menunda haid rata2 maksimal 14 hari. Sebaiknya mulai minum 5 hari sebelum haid yg akan datang. Apakah berpengaruh pada hasil lab, tergantung apa yg akan diperiksa. Kalau hanya medical check up biasa rasanya tdk akan berpengaruh

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Primolut untuk mengatur siklus haid, sifatnya hormonal mengakibatkan berkurangnya hormon progesteron dalam tubuh. Namun demikian, obat primolut tidak boleh digunakan sembarangan, kita harus perhatikan indikasi, kontraindikasi, dan efek samping yang bisa ditimbulkannya.

    efek samping obat primolut ditiap orang berbeda beda, berikut efek samping yang biasa terjadi :
    Insomnia
    Kantuk
    Hirsutisme (pertumbuhan berlebihan dari rambut)
    Rambut rontok
    Gatal atau ruam
    menambah berat badan
    Depresi
    Pusing
    Ketidaknyamanan payudara
    Retensi cairan dalam jaringan
    Kembung
    Perubahan libido
    Perubahan siklus menstruasi
    Sakit kepala
    Mual

    Jika Anda mengalami hal berikut, maka pengggunaan obat harus dihentikan dan berkonsultasi kembali dengan dokter:

    Nyeri saat bernapas
    Tiba-tiba kehilangan napas
    Nyeri dada serius
    Gangguan penglihatan dan pendengaran
    Pingsan
    Peningkatan kadar gula atau tekanan darah
    Pembengkakan satu kaki
    Batuk atau batuk darah
    Kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap atau kuning pada kulit dan mata, kondisi ini dicurigai adanya masalah liver.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?