Profile
Asupan Makanan dan Diet

bagaimana cara meningkatkan nafsu makan?

bagaimana cara meningkatkan nafsu makan?
Bandung

dok, semenjak bulan puasa 2 tahun lalu saya kurang mempunyai nafsu makan alhasil berat badan saya turun drastis lebih dari 10kg. semua teman-teman dan keluarga mengira saya cacingan akhir-akhir ini selain banyak pikiran juga banyak kegiatan yang menyita waktu. saya sekarang jadi sensitif,cepat bosan,lemas,dan semakin kurus. kira-kira apakah saya mengidap suatu penyakit atau hanya masalah psikologis? serta bagaimana cara meningkatkan nafsu makan? terimakasih

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Tidak dapat ditentukan bila hanya dari cerita Anda; apakah ini gangguan psikis atau pun memang ada gangguan kesehatan utama.

    Apa ada gejala lain, misalnya batul-batuk? Bagaimana aktivitas sehari-hari. Saran saya, Anda memeriksakan diri ke dokter.

  • tidak ada gejala anh-aneh dok. sehari-hari saya kuliah mungkin sering pulang larut malam .saya sudah minum susu setiap pagi.

  • Selamat malam,

    Penurunan berat badan lumayan besar. Sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter terdekat, sehingga dapat diketahui adakah penyakit lain yang sedang diderita seperti diabetess ataupun gangguan kelenjar thyroid.

    Semoga membantu

  • thanks for answering :D

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    Selamat sore,

    Peningkatan berat badan umumnya tidak hanya bergantung pada kecukupan asupan kalori secara kuantitas. Jenis nutrisi yang diasup, kecukupan cairan, olahraga, serta tingkat aktivitas juga dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian peningkatan berat badan Anda.

    Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk meningkatkan keberhasilan peningkatan berat badan:
    1. Makan lebih sering
    Cara menambah berat badan yang paling umum adalah makan lebih sering. Meski demikian, hal ini juga tak bisa dilakukan sembarangan. Misalnya, menambah porsi makan daripada biasanya. Pasalnya, cara menambah berat badan yang efektif adalah makan lebih sering tapi dengan porsi yang kecil. Artinya, makan dalam porsi kecil sebanyak 5 - 6 kali akan lebih efektif dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 2 - 3 kali.

    2. Makanan yang tepat
    Ingin menambah berat badan, bukan berarti Anda boleh makan apa saja. Para ahli diet menyarankan agar Anda memakan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
    Beberapa contoh makanan yang bisa menambah berat badan adalah susu yang memiliki kandungan protein sebanyak 8 - 9 gram serta mengandung lemak yang dapat menambah berat badan Anda. Lalu, konsumsi telur yang mengandung protein serta lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Anda juga bisa memasukkan roti gandum ke dalam daftar makanan diet menambah berat badan.
    Terakhir, tentu saja selalu masukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makanan Anda supaya metabolisme tubuh makin lancar.

    3. Pilihan minuman
    Minuman juga berpengaruh saat Anda ingin menambah berat badan. Oleh karena itu, salah satu cara menambah berat badan adalah minum setelah Anda selesai makan agar Anda tidak kembung atau begah yang bisa menyebabkan tidak nafsu makan.
    Anda pun sebaiknya menghindari minuman seperti soda, kopi, dan minuman sejenis dengan jumlah kalori yang sedikit dan memiliki nutrisi terbatas. Berat badan akan bertambah bila Anda meminum smoothies dari buah-buahan dan susu.

    4. Olahraga
    Melakukan olahraga tidak hanya dapat menurunkan berat badan Anda. Olahraga, terutama latihan kekuatan (power exercise) dan latihan beban (weight lifting exercise) adalah cara menambah berat badan dengan membangun otot-otot Anda. Tak hanya itu, olahraga juga dapat menambah nafsu makan Anda.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut
    http://meetdoctor.com/article/menambah-berat-badan-bagaimana-caranya
    http://meetdoctor.com/article/5-cara-menambah-berat-badan
    http://meetdoctor.com/article/fitness-dan-berat-badan
    http://meetdoctor.com/article/pengaruh-berat-badan-dan-hormon

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma