Profile
Diabetes

bagaimana cara mengobati luka agar cepat kering pada penderita diabetes ?

bagaimana cara mengobati luka agar cepat kering pada penderita diabetes ?
Yogyakarta

Selamat Sore, dok ,saya mau bertanya ,ayah saya menderita diabetes sudah 4 tahun yang lalu ,selama ini kondisinya baik-baik saja ,tapi sekitar 2 minggu yang lalu ,beliau terjatuh dan terluka di bagian ankle kaki ,hanya kesleo namun ada luka luar akibat tergores ,tergoresnya cukup luas ,kurang lebih diameter lukanya 4 cm .sudah seminggu ini luka tersebut hanya dibersihkan dengan antiseptic dan diberi betadine namun tidak kunjung kering .bagaimana ya dok? apakah hal tersebut normal atau ada hubunganya dengan diabetes yang di derita ayah saya ? dan hal apa yag bisa saya lakukan agar setidaknya luka tersebut mengering dengan cepat ? Terimakasih

Answers

5 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Periksakan ke dokter.

    Kemungkinan luka tersebut sudah memerlukan terapi dengan pemeberia antibiotik. Selain itu kadar gula darahnya juga harus diperiksa untuk mengetahui apakah diabetesnya terkontrol atau tidak. Bila tidak terkontrol, maka lukanya akan sulit sembuh dan rentan terkena infeksi.

    Terima kasih

  • di daerah wonosobo ada terapi pijat syaraf, banyak pasien diabetes yg bisa terbantu ...

  • agar luka cepat kering harus pake obat tabur bund say, jangan dulu terkena air. obat taburnya bernama chito itu bisa langsung mengeringkan luka dengan cepat. info: 087829120877

  • Selamat malam

    Penanganan luka diabetes perlu dilakukan secara hati-hati dan disiplin. Kondisi gula yang tinggi dalam darah menyebabkan seorang penderita diabetes rentan mengalami luka yang sukar sembuh. Hal ini terjadi karena kurang baiknya peredaran darah di daerah tersebut serta gangguan saraf tepi (neuropati perifer) yang membuat orang tersebut tidak mengalami alarm rasa nyeri ketika mengalami luka. Selain itu, gula darah yang tinggi dalam darah merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri.

    Penanganan luka diabetes dilakukan dengan cara:
    - membersihkan luka secara teratur, misalnya dengan kasa serta cairan NaCl
    menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol (target HbA1c 7). Kadar gula darah yang tinggi mempersulit penyembuhan luka
    - pemberian obat antibiotik sesuai dengan kebutuhan
    - pada kasus tertentu yang berat dibutuhkan tindakan bedah misalnya pembuangan jaringan mati maupun amputasi

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk penanganan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Untuk perawatan luka biasanya menggunakan antiseptik (NaCl) dan kassa steril.

    Jika ada jaringan nekrotik, sebaiknya dibuang dengan cara digunting sedikit demi sedikit sampai kondisi luka mengalami granulasi (jaringan baru yang mulai tumbuh).

    Lihat kedalaman luka, pada pasien diabetes dilihat apakah terdapat sinus ( luka dalam yang sampai berlubang) bila ada baiknya disemprot dengan NaCl sampai pada kedalaman luka, sebab pada sinus terdapat banyak kuman.

    Lakukan pembersihan luka sehari minimal dua kali ( pagi dan sore),pembersihan dilakukan dengan kassa steril yang dibasahi larutan NaCl.

    Setelah luka dibersihkan, lalu ditutup dengan kassa basah yang diberi larutan NaCl lalu dibalut disekitar luas luka, dalam penutupan dengan kassa, jaga agar jaringan luar luka tidak tertutup. Sebab jika jaringan luar luka ikut tertutup akan menimbulkan pembengkakan.

    Setelah luka ditutup dengan kassa basah bercampur NaCl, lalu ditutup kembali dengan kassa steril yang kering untuk selanjutnya dibalut.

    Jika luka sudah mengalami penumbuhan granulasi atau pertumbuhan jaringan kulit yang baik/ bagus yang membuat luka rata, selanjutnya akan ada penutupan luka tahap kedua oleh dokter. Penanganan luka diabet, harus ekstra agresif sebab pada luka diabet kuman akan terus menyebar dan memperparah luka.

    Untuk makanan yang baik untuk penderita diabetes tetap dengan pola gizi seimbang dan dikurangi asupan karbohidratnya.

    Lebih lengkap dapat dibaca pada http://meetdoctor.com/article/camilan-untuk-diabetes

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?